Pengadilan Agama Tulang Bawang Pengadilan Agama Tulang Bawang


Dirjen Badilag Resmikan implementasi Aplikasi Sistem Pelayanan Publik di PA Mataram
 
Di sela-sela kesibukannya akan menghadiri acara Musyawarah Nasional Ikatan Hakim Indonesia (Munas IKAHI) yang akan berlangsung mulai 3 November 2016 di Mataram, Dirjen Badilag Dirjen Badilag Drs. H. Abdul Manaf, M.H. berkunjung ke Pengadilan Agama Mataram untuk memberikan pembinaan sekaligus meresmikan implementasi 4 Aplikasi Sistem Pelayanan Publik Pengadilan Agama Mataram (Rabu, 2 November 2016).
Mengawali sambutannya Dirjen Badilag menyampaikan apresiasinya kepada suluruh jajaran Pengadilan Agama se wilayah PTA Mataram termasuk diantaranya Pengadilan Agama Mataram, karena sekarang ini sudah hampir tidak ada pengaduan baik dari internal institusi maupun dari masyarakat pencari keadilan, itu artinya kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pengadilan sudah meningkat.
Lebih lanjut Dirjen Badilag mengutip pernyataan salah seorang Hakim Tinggi dari Belanda, Dorrie Ray, dalam disertasinya yang berjudul Technology for Justice (diterbitkan di Universitas Laydend, 2009) yang menyatakan beberapa keluhan masyarakat dunia terhadap pelayanan lembaga peradilan, antara lain proses penyelesaian perkara yang sangat lambat, sulitnya pengadilan diakses dan sebagian pelaksana peradilan bermental tidak terlalu bagus salah satunya karena masih melakukan penyimpangan-penyimpangan.
Namun demikian keluhan-keluhan masyarakat di atas sedikit-demi sedikit dapat diatasi dengan pengingkatan pelayanan salah satunya adalah dengan melakukan inovasi seperti yang dilakukan Pengadilan Agama Mataram sekarang ini yaitu dengan akan diimplementasikan aplikasi yang dapat mendukung pelayanan kepada para pencari keadilan.
Bagaimanapun bentuk pelayanan peradilan belum tentu dinilai positif oleh masyrakat pencari keadilan. Hal ini dapat dimaklumi karena para pencari keadilan tersebut adalah masyarakat yang hatinya sedang luka. Oleh karena itu maka pelayanan kita harus dilakukan dengan sebaiknya-baiknya.


Di akhir pembinaan, Dirjen Badilag menandatangani peresmian peluncuran 4 aplikasi berbasis teknologi informasi yaitu implementasi aplikasi Audio To text Recording ( ATR ), E-SKUM, SMS Gatway Berbasis SIPP dan Antrian Sidang Berbasis SIPP. (tw)

 

Add comment

Security code
Refresh