logo mahkamah agung website ramah difable
Proses Berperkara

SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADHAN 1439 H / 2018 M, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN - PENGADILAN AGAMA TULANG BAWANG

Berita Terkini

46 PESERTA IKUTI FIT AND PROPER TEST CALON WAKIL KETUA PENGADILAN AGAMA IB

Jakarta | badilag.net


Untuk mengisi jabatan Wakil Ketua Pengadilan Agama Kelas IB, Rabu pagi (9/11/2016), Ditjen Badan Peradilan Agama menyelenggarakan Fit and Proper Test terhadap 46 peserta.
Ke 46 peserta, 19 diantaranya adalah hakim pada Pengadilan Agama Kelas IA. Sisanya, merupakan Ketua dan Wakil pada Pengadilan Agama Kelas II.
Direktur Pembinaan Tenaga Teknis, Dr. H. Fauzan, S.H., M.M., M.H. melaporkan bahwa sebelum fit and proper test, terlebih dahulu dilakukan ujian secara elektronik melalui aplikasi e-test. “Mereka (peserta) yang hadir sekarang adalah yang lolos di seleksi e-test” katanya.

Sementara itu Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, Drs. H. Abd. Manaf, M.H. menggambarkan bahwa banyak pengadilan agama yang belum memiliki wakil ketua.

Menurutnya, untuk mengisi posisi yang kosong itu, Ditjen Badan Peradilan Agama perlu menyelenggarakan serangkaian seleksi mulai dari seleksi elektronik maupun fit and propert test.

“Saya berharap proses ini dapat mengantarkan bapak ibu peserta ke tempat yang lebih baik, baik tempat maupun jabatan” ungkapnya saat pembukaan acara di lantai 11 Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI


Dalam fit and proper test ini, delapan materi diujikan dengan sembilan orang penguji. Dari mulai integritas, administrasi keuangan, kode etik, hukum acara hingga pemahaman teknologi informasi.
Dirjen Badan Peradilan Agama sendiri menguji kemampuan peserta untuk materi Visi, Misi, Integritas dan Pembinaan Peradilan Agama.
Berikut daftar nama penguji dan materi yang diujikan :

  No  

Penguji

Materi
1

Drs. H. Abd. Manaf, M.H.

Visi, Misi, Integritas dan Pembinaan Peradilan Agama
2

Dr. H. Fauzan, S.H., M.M., M.H.

Manajemen Pembinaan Promosi dan Mutasi Tenaga Teknis Peradilan Agama
3

Nugroho Setiadji, S.H.

Pemahaman Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim
4

Drs. H. Muh. Abduh Sulaeman, S.H., M.H.

Tata Cara Pengaduan dan Penyelesaiannya
5

Dr. H. M. Rum Nessa, S.H., M.H.

Hukum Materiil Peradilan Agama
6

Dr. H. Zainuddin Fajari, S.H., M.H.

Hukum Materiil Peradilan Agama
7

Drs. H. Domiri, S.H., M.Hum.

Hukum Acara Peradilan Agama
8

Tukiran, S.H., M.M.

Manajemen Administrasi dan Finansial
9

Dr. H. Hasbi Hasan, M.H.

Manajemen Administrasi Peradilan dan SIPP

 

Add comment

Security code
Refresh


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi




PA Tanjung Karang PA Metro PA Kalianda PA Gunung Sugih
PA Tanggamus PA Kota Bumi PA Krui PA Blambangan Umpu



SIKEP Mahkamah Agung SIMARI Mahkamah Agung Perpustakaan SIPP Mahkamah Agung SIRUP LKPP SIWAS Mahkamah Agung PA Tulang Bawang