Pengadilan Agama Tulang Bawang Pengadilan Agama Tulang Bawang

Di dalam melaksanakan kegiatan pelayanan publik, Pengadilan Agama Tulang Bawang kadang kala tidak selalu dapat memenuhi harapan masyarakat, khususnya para pencari keadilan. Bila hal ini terjadi, bisa menimbulkan ketidak puasan dan keluhan dari masyarakat. Keluhan tersebut dapat diajukan ke Pengadilan Agama Tulang Bawang dan Pengadilan Agama Tulang Bawang akan berupaya untuk memberikan solusi yang terbaik.

Adapun Cara menyampaikan pengaduan ke Pengadilan Agama Tulang Bawang :

A. Secara Lisan

  1. Melalui telepon dengan nomor tujuan (0726) – 21832, pada hari Senin s/d Jum'at pukul 8.00 - 16.30 Wib.
  2. Datang secara langsung ke Kantor Pengadilan Agama Tulang Bawang dengan alamat Jl. Cemara Komp. Pemda Tulang Bawang. Menggala, Lampung. 34526 (menemui petugas loket layanan pengaduan).

B. Secara Tertulis

  1. Menyampaikan komplen atau pengaduan melalui surat resmi yang ditujukan kepada pimpinan dalam hal ini Ketua Pengadilan Agama Tulang Bawang, dengan cara diantar langsung, dikirim melalui faxsimile dengan nomor tujuan (0726) – 21832, atau melalui pos ke alamat kantor di Jl. Cemara Komp. Pemda Tulang Bawang. Menggala, Lampung. 34526.
  2. Melalui E-mail : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. .
  3. Pengaduan secara tertulis wajib dilengkapi fotokopi identitas resmi berupa KTP dan dokumen pendukung lainnya seperti dokumen yang berkaitan dengan pengaduan yang akan disampaikan.

C. Secara Online

  1. Buat surat pengaduan yang telah ditanda tangani secara sah, lalu kirim filenya via E-Mail yang ditujukan kepada Ketua Pengadilan Agama Tulang Bawang ke alamat Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. .
  2. Isi keterangan secara singkat sesuai dengan keadaan sebenarnya.

D. Penerimaan Pengaduan

  1. Pengadilan Agama Tulang Bawang akan menerima setiap pengaduan yang diajukan oleh masyarakat baik secara lisan maupun tertulis.
  2. Pengadilan Agama Tulang Bawang akan memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengaduan pada saat masyarakat mengajukan pengaduan.
  3. Pengadilan Agama Tulang Bawang akan memberikan tanda terima, jika pengaduan diajukan secara tertulis.
  4. Pengadilan Agama Tulang Bawang hanya akan menindaklanjuti pengaduan yang mencantumkan identitas pelapor.
  5. Setiap bulan data pengaduan akan direkap dan dilaporkan penindaklanjutan-nya.

E. Wewenang Pengadilan Agama Tulang Bawang

  1. Pengadilan Agama Tulang Bawang hanya memiliki kewenangan sebatas menerima pengaduan, dan berkewajiban untuk meneruskan pengaduan tersebut kepada Pengadilan Tingkat Banding atau Mahkamah Agung dalam jangka waktu yang ditentukan dalam pedoman.
  2. Pengadilan Agama Tulang Bawang hanya dapat menangani pengaduan yang berkaitan dengan unit ketja atau aparat di pengadilan yang bersangkutan berdasarkan perintah dari Pimrinan Pengadilan Tingkat Banding atau Pimpinan Mabkamah Agung.
  3. Pelaksana penanganan pengaduan di Pengadilan Agama Tulang Bawang adalah Ketua Pengadilan dan Hakim Pengadilan dengan dibatu oleh Panitera Muda Hukum yang menjalankan fungsi kesekretariatan.

 

 

 

  1. ADMINISTRASI PERKARA