Pengadilan Agama Tulang Bawang Pengadilan Agama Tulang Bawang

Project Leader dan Tim, Tinjau Kesiapan Implementas
Kartu Pintar “Si Lara” di Pengadilan Agama Metro

 

pta-bandarlampung.go.id

Arief Hidayat, Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Lampung selaku Project Leader Sistem Informasi Pelayanan Perkara (Si Lara) bersama tim evaluator (Drs. H. Ahud Misbahuddin, S.H.,M.H dan Ujang Solihin, S.,Ag,M.H) serta programmer (Restu Yuniarti, S.Kom dan Rizki Irza, S.Kom)

pada hari Senin, 28 November 2016 meninjau langsung kesiapan Pengadilan Agama Metro mengimplementasikan penggunaan Kartu Pintar Si Lara kepada para pencari keadilan. Arief Hidayat menuturkan bahwa,  proses pembuatan sistem ini berawal dari gagasan Proyek Perubahan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II yang diikutinya dan terlaksana proyek ini dimulai pada awal bulan September 2016 lalu yang dilakukan oleh Tim efektif. Dengan semangat perubahan melalui inovasi untuk memberikan pelayanan masyarakat, maka tim bekerja keras mewujudkannya tertutama para programmer yang selalu melakukan uji coba  dan alhamdulillah berhasil dengan baik bahkan diluar dugaan hasilnya lebih dari konsep yang ada, selain itu komunikasi dengan pihak terkait seperti Komisi Informasi Provinsi Lampung dan masyarakat pencari keadilan sudah dilakukan dalam rangka penyempurnaan sistem ini,  tambah Arief Hidayat.

Dalam kunjungan ini A. Rahman, S.H. dan Ahmad Anwar, S.Kom yang juga tim Programmer langsung menunjukkan kesiapan Pengadilan Agama Metro mengimplementasikan penggunaan Kartu Pintar Si Lara kepada pencari keadilan pada tanggal 1 Desember 2016 yang akan datang dari mulai cetak Barcode dan penyerahan Kartu Pintar Si Lara kepada pencari keadilan yang diamini oleh Ketua dan Panitera Pengadilan Agama Metro. A. Rahman yang juga selaku Panitera Muda Gugatan di Pengadilan Agama Metro mengungkapkan keberhasilan ini selain kegigihan tim juga dukungan luar biasa dari Ketua dan Panitera Pengadilan Agama Metro.

Selanjutnya, Restu Yuniarti, S.Kom menyampaikan bahwa proses sistem ini mengambil data base dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara kemudian dibuat aplikasi penghubung data yang diperlukan lalu dikemas dalam kode barcode yang dihubungkan dengan aplikasi QR Reader dan informasi dapat dibaca melalui gadget yang berbasis Android. Informasi tersebut memuat data-data : Nomor Perkara, Tanggal daftar, jenis perkara, identitas pihak-pihak, biaya perkara, jadwal sidang, tanggal putus dan tanggal akta cerai untuk perkara cerai gugat dan cerai talak. Restu Yuniarti menambahkan bahwa tim sudah berhasil membuat aplikasi QR Reader (Si Lara QRCode) yang dapat didownload dari Play Store saat ini masih proses upload Si Lara QRCode ke Play Store miliknya Google.

Selaku tim Evaluator, Drs. H. Ahud Misbahuddin, S.H.,M.H. menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada tim yang sudah bekerja keras dan menghasilkan inovasi pelayanan publik yang berguna bagi masyarakat pencari keadilan, keberhasilan ini juga tidak lepas dari dukungan dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandarlampung dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandarlampung yang juga mentor dalam proyek perubahan ini, lanjut Ahud Misbahuddin.

Mengakhiri kunjungan tim di Pengadilan Agama Metro, Arief Hidayat menyampaikan terima kasih kepada Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris, hakim, pejabat fungsional dan struktural serta seluruh staf yang sudah mendukung, ini merupakan karya monumental, ternyata dengan kerja keras dan sungguh-sungguh pekerjaan apapun yang kita lakukan dapat terlaksana dengan baik. Selanjutnya Arief Hidayat berpesan jangan terlena dengan keberhasilan ini,  masih banyak yang akan kita lakukan kedepan dengan inovasi-inovasi lainnya, dan sebagai bentuk apresisasi Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Bandarlampung, Peresmian (Launching) Kartu Pintar Si Lara rencananya akan dilaksanakan bersamaan dengan Hari Ulang Tahun Pengadilan Tinggi Agama Bandarlampung, tambah Arief Hidayat. (ahid).

 

Add comment

Security code
Refresh