Pengadilan Agama Tulang Bawang Pengadilan Agama Tulang Bawang

PA Tulang Bawang berhasil melaksanakan Isbat Nikah Terpadu tahap II

Pada hari selasa dan rabu (14,15/11) Pengadilan Agama Tulang Bawang bersama dengan pemerintah daerah kabupaten Mesuji serta kantor Kementrian Agama Kabupaten Mesuji telah melaksanakan sidang isbat nikah terpadu tahap II yang bertempat di aula Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji. Isbat nikah terpadu tahap II ini diikuti oleh 172 pasangan suami isteri. Pelaksanaan sidang isbat nikah terpadu tahap II ini dihadiri langsung oleh Yang Mulia bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Lampung, Drs. H. Endang Ali Maksum, SH, MH., bupati Mesuji H. Hamami, SH, serta Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Mesuji.

Sambutan KPTA Bandar Lampung pada acara Isbat Nikah TerpaduKabupaten Mesuji Tahap II

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Tinggi Agama Lampung menyampaikan tujuan sidang isbat nikah terpadu yaitu untuk mengesahkan pernikahan yang telah dilaksanakan oleh pasangan suami isteri namun belum tercatat di Kantor Urusan Agama setempat atau belum memiliki buku nikah. Lebih lanjut beliau menjelaskan tentang perbedaan antara isbat nikah dengan tajdidun nikah. Isbat nikah dilaksanakan bagi pasangan suami isteri yang memang pernikahannya telah sah secara agama namun belum dicatatkan dihadapan pegawai pencatat nikah sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang perkawinan. Sedangkan tajdidun nikah itu dilaksanakan bagi pasangan suami isteri yang pernah menikah akan tetapi terdapat salah satu syarat dan rukun yang tidak terpenuhi.

Drs. Endang Ali Maksum, SH..MH., yang juga kandidat doktor UIN Radin Intan ini tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada bapak Bupati Mesuji serta Kepala kantor Kementiran Agama Kabuapten Mesuji yang telah mau bekerja sama dengan PA Tulang Bawang dalam melaksanakan isbat nikah terpadu ini. Beliau mengharapkan sinergi antara PA Tulang Bawang dan Pemda Mesuji ke depan semakin baik sehinggga pelayanan kepada masyarakat akan semakin baik juga. Apalagi pada tahun 2018 Pengadilan Agama Mesuji akan resmi beroperasi. Sehingga sinergi antar kedua instansi diharapkan akan semakin efektif.

Di akhir sambutannya KPTA Lampung menyampaikan bahwa program bupati Mesuji dengan melaksanakan kerja sama isbat nikah terpadu ini telah sejalan dengan bunyi hadits yang berbunyi : “ sayyidul qaum khoodimul ummat”( pemimpin adalah pelayan masyarakat).

Sambutan Bupati Mesuji pada acara Isbat Nikah TerpaduKabupaten Mesuji Tahap II

Pada bagian lain Bupati Mesuji, H. Khamami, SH, juga menyampaikan terima kasih kepada Pengadilan Agama Tulang Bawang yang telah bersedia membantu merealisasikan salah satu program pemda Mesuji. Lebih lanjut bupati Mesuji memohon agar kerja sama ini bisa dilaksanakan kembali pada tahun 2018. Karena pada tahun yang akan datang pemda Mesuji telah merencanakan akan memberikan bantuan bagi 500 pasang suami isteri yang belum mempunyai buku nikah.

Di akhir kegiatan Ketua Pengadilan Agama Tulang Bawang, Drs. Rahmat,  menyampaikan kepada Pemda Mesuji bahwa dari 172 pasang suami istri yang terdaftar mengikuti isbat nikah terpadu hanya 160 yang dikabulkan. Sedangkan yang 18 pasang sumi isteri dinyatakan gugur karena sampai batas waktu yang telah diberikan mereka tidak hadir di tempat yang telah ditentukan.

Sekedar untuk diketahui pelaksanaan sidang isbat nikah terpadu tahap II ini merupakan kelanjutan dari sidang isbat nikah terpadu tahap I yang pernah dilaksanakan pada bulan Juli 2017. Pada sidang isbat nikah terpadu tahap I telah diikuti oleh 165 pasang suami isteri. Dengan demikian pada tahun 2017 PA Tulang Bawang telah berhasil melaksanakan sidang isbat nikah terpadu yang diikuti oleh kurang lebih 337 pasang suami isteri. Keberhasilan ini tentunya merupakan bukti adanya sinergi yang baik antara PA Tulang Bawang dengan Pemda Mesuji serta Kantor Kementrian Agama Mesuji dalam rangka menjalankan amanat Perma Nomor 1 Tahun 2015 tentang pelayanan sidang keliling Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama /Mahkamah Syar’iyah dalam rangka penerbitan akta nikah, buku nikah serta akte kelahiran.

Penyerahan simbolis penetapan isbat nikah oleh Bupati Mesuji kepada Kepala KUA Rawa Jitu Utara

Penyerahan simbolis penetapan isbat nikah oleh Bupati Mesuji kepada para pihak pemohon Kabupaten Mesuji

Harapannya semoga di tahun yang akan datang kerja sama ini akan berjalan lebih baik lagi sehingga masyarakat akan lebih mudah mendapatkan pelayanan hukum dengan sederhana, cepat dan biaya ringan yang merupakan tujuan dari Perma Nomor 1 Tahun 2015 tersebut di atas.

Foto bersama tim isbat terpadu tahap II

Add comment

Security code
Refresh

  1. ADMINISTRASI PERKARA