Ditulis oleh Irwan Hidayat, S.H.I. on . Dilihat: 411

Bimtek RSPP & Aplikasi SAKTI (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi)

SAVE 20200717 1039011

Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI menindaklanjuti Surat Direktur Jenderal Anggaran Nomor S-1090/AG/2020 tanggal 3 Juli 2020 tentang Pelaksanaan Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga TA 2021, dengan mengadakan Bimbingan Teknis Redesain Sistem Perencanaan dan Penganggaran kepada Seluruh Sekretaris Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama. Hal ini sesuai dengan surat undangan BUA Mahkamah Agung RI Nomor 178/Bua.1/OT.01.1/7/2020 perihal Undangan Rapat Bimtek RSPP dan Aplikasi SAKTI modul Penganggaran update RSPP pada hari Selasa 14 Juli 2020. Selain Sekretaris, Kasubbag Perencanaan ataupun Operator SAKTI juga dihimbau untuk mengikuti bimtek ini melalui live streaming di channel youtube Mahkamah Agung RI. Sedangkan Sekretaris Tingkat Banding mengikuti via aplikasi zoom bersama Biro Perencanaan dan Organisai BUA MA RI, Direktorat Jenderal Anggaran Kemenkeu RI, dan Direktorat Hukum dan Regulasi Kementerian PPN/Bappenas.

SAVE 20200717 1039091

Acara dimulai pada pukul 10.00 WIB dibuka oleh Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Joko Upoyo Pribadi, kemudian Paparan Pemateri dari Direktorat Hukum dan Regulasi Kementerian PPN/Bappenas dan Direktorat Jenderal Anggaran Kemenkeu RI. Redesain Sistem Perencanaan dan Penganggaran dilaksanakan sesuai dengan Visi dan Misi serta Agenda Pembangunan Pemerintah. Yang tertuang dalam RKP (Rencana Kerja Pemerintah) tahun 2021, dan memuat Fokus Pembangunan serta Prioritas Nasional. Serta dalam menyikapi situasi Negara yang terdampak pandemi yang merubah Sistem Kerja di Mahkamah Agung RI. Namun dengan sistem kerja berbasis elektronik yang telah diaplikasikan pada tahun ini, Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya menyikapi dampak pandemi dengan mengoptimalkan Peradilan berbasis Elektronik yang memang telah dicanangkan dan dipraktekkan tahun ini.

SAVE 20200717 1040491

Struktur Sistem Perencanaan dan Penganggaran ikut terdampak dan mengalami perubahan sebagaimana Surat Edaran Bersama Deputi Pendanaan, Bappenas, dan Direktur Jenderal Anggaran yang menyepakati untuk melakukan perubahan pada level program hingga output K/L untuk proses perencanaan dan penganggaran TA 2021. Pemateri Bappenas dalam bimtek ini menyampaikan tentang Koridor Penyusunan Kegiatan dalam Program Mahkamah Agung RI terkait dengan Nomenklatur, Keterkaitan dengan Program, dan Lintas Kegiatan. Dalam hal ini koridor Bappenas yaitu untuk mengawal pelaksanaan RPJMN (rencana pembangunan jangka menengah nasional), RKP (rencana kerja pemerintah), dan Output Prioritas Nasional Kementerian/Lembaga. Dengan adanya restrukturisasi program terjadi banyak perubahan dalam proses perencanaan dan penganggaran yang tujuannya adalah untuk menciptakan efektifitas dan efisiensi penyelenggaran tugas dan fungsi yang mendukung pencapaian visi misi presiden dan RPJMN. 

SAVE 20200717 1040591

Kemudian dari Direktorat Jenderal Anggaran menyampaikan tentang kebijakan penyusunan anggaran dan teknis penyusunannya dalam aplikasi SAKTI (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi). Serta Perubahan ataupun penambahan dalam nomenklatur Program, Kegiatan, dan Keluaran (output), yang mana sekarang menjadi Klasifikasi Rincian Output (KRO) dan Rincian Output (RO). Yang menjadi pedoman dan panduan dalam Penyusunan dan Penelaahan Renja-K/L dan RKA-K/L TA 2021. Selanjutnya juga dalam bimtek ini langsung dipraktekkan dan disimulasikan penyusunan RKA-K/L TA 2021 dengan aplikasi SAKTI, dan dijelaskan persamaan serta perbedaannya dengan aplikasi RKA-K/L tahun sebelumnya. Serta dibuka sesi tanya jawab secara langsung bagi yang mengikuti dengan zoom, dan tanya jawab bagi yang mengikuti dengan live streaming dengan link bit.ly. 

SAVE 20200717 1041161

Dari Pengadilan Agama Tulang Bawang yang mengikuti Bimtek ini Sekretaris Aswari Humpara, S.H. dan Kasubbag Perencanaan, Teknologi Informasi, dan Pelaporan Irwan Hidayat, S.H.I. Acara selesai pada pukul 13.00 WIB dan langsung dipraktekkan penyusunan RKA-K/L melalui aplikasi SAKTI oleh Kasubbag Perencanaan, Teknologi Informasi, dan Pelaporan sesuai dengan pagu indikatif yang telah diterima, untuk dikirimkan kepada Direktorat Jenderal Anggaran Kemenkeu RI pada keesokan harinya.

Hubungi Kami

PA TULANG BAWANG

Jalan Cemara Komp. Pemda Tulang Bawang

Kabupaten Tulang Bawang,  Menggala.

Telp :  +62 726 21832

Faks:  +62 726 21832

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tautan Aplikasi

Comodo Secure Wildcard SSL