Ditulis oleh DESTIA FAUZI SODRI, S.E., M.M. on . Dilihat: 100

“Self Belonging and Belonging Responsibility”

a

Senin (08/10) Pengadilan Agama Tulang Bawang kembali mengadakan Rapat Bulanan yang dihadiri oleh seluruh karyawan PA Tulang Bawang baik oleh Hakim, Pejabat Fungsional, Pejabat Struktural, ASN, dan Pegawai Kontrak. Dalam kesempatan perdananya Bapak Wakil Ketua PA Tulang Bawang (H. Sholeh, Lc., M.A.) menyampaikan hasil rapat beliau pada hari Kamis, 4 Oktober 2018 di PTA Bandar Lampung bersama  seluruh Ketua, Wakli Ketua, Panitera, dan Sekretaris Pengadilan Agama didalam wilayah PTA Bandar Lampung. Berikut hal-hal yang disampaikan:

  1. Adanya penggalangan dana di masing-masing PA untuk korban bencana alam dan tsunami di wilayah Palu dan Donggala yang akan dikoordinasikan melalui PTA Bandar Lampung. Selama ini di PA Tulang Bawang sudah berjalan melalui mushola Al-Mahkamah, Beliau berharap agar diedarkan list ke masing-masing pegawai agar hasil yang didapat lebih maksimal.
  2. Adanya lomba administrasi terkait dengan edoc dan SIKEP bidang kepegawaian yang akan dimulai pada tanggal 15 Oktober 2018. Walaupun PA Tulang Bawang telah terisi 100% diharapkan tetap divalidasi agar data yang terinput sesuai dengan data dilapangan saat di croos check.
  3. Penerapan PTSP harus sudah dilaksanakan paling lambat 3 bulan setelah perintah Dirjen Badilag per tanggal 2 Agustus 2018.
  4. LHKPN wajib diisi dikarenakan akan diperiksa oleh BAWAS.
  5. Sosialisasi PERMA No. 14 Tahun 2016 tentang Gugatan Sederhana Ekonomi Syariah. Tanggal 15 Oktober 2018 akan dilaksanakan sosialisasi tersebut diharapkan setia PA mengirimkan perwakilan.
  6. Dikarenakan adanya mutasi Hakim dan Pegawai maka akan diadakan perubahan struktur SAPM dimana Top Manajemen akan dipimpin langsung oleh beliau dan Ketua SAPM akan diserahkan kepada C1.
  7. Adanya aplikasi E-Monitoring oleh BAWAS dimana BAWAS tidak lagi melakukan pengawasan rutin pada setiap Pengadilan melainkan diganti dengan form-form yang ada pada aplikasi E-Monitoring dimana setiap Hawasbid diwajibkan untuk mengisi form aplikasi E-Monitoring tersebut.
  8. PA Tulang Bawang mendapat peringkat no. 1 dalam Penyerapan Anggaran dan mendapat peringkat no. 5 dalam penyelesaian perkara menggunakan SIPP.

Selain Waka PA Tulang Bawang, Panitera PA Tulang Bawang juga menambahkan hal-hal yang perlu disampaikan pada rapat bulanan ini diantaranya:

  1. Terkait Surat Badilag mengenai SIPP tanggal 5 Oktober 2018 maka dihimbau untuk mengevaluasi penerapan SIPP setiap minggu dikarenakan Dijen Badilag akan merilis hasil evaluasi mingguan tersebut setiap hari jumat di website resmi Ditjen Badilag MARI.
  2. Terkait kedatangan tim Pemda Mesuji untuk sidang Isbat Terpadu yang sudah melakukan rapat dengan PA Tulang Bawang yang diwakilkan oleh Bapak Irkham Soderi, S.HI., M.HI. Tim Pemda Mesuji mengharapkan PA Tulang Bwang dapat menyidangkan sedikitnya 400 perkara namun menurut beliau harus diperhitungkan personel PA Tulang Bawang dikarenakan adanya mutasi Hakim dan Pegawai PA Tulang Bawang yang lumayan banyak.
  3. Terkait Koperasi Al-Mahkamah dengan adanya mutasi Hakim dan Pegawai sebanyak 9 orang ini maka potongan koperasi dan keanggotaannya akan dibekukan.

Kemudian pada kesempatan itu pula Bapak Irkham Soderi, SHI., MHI menyampaikan hasil rapat beliau dengan tim Pemda Mesuji yaitu:

  1. Metode Sidang Isbat kali ini akan mengikuti metode Sidang Isbat ke II yang lalu. Bertempat di Brabasan kabupaten Mesuji. Kemudian tahapan Sidang Isbat yang direncanakan sebagai berikut:
  1. Verifikasi                           : 8 s/d 12 Oktober 2018
  2. Pendaftaran                      : 15 Oktober 2018
  3. Pengumuman                    : 18 Oktober 2018
  4. Pelaksanaan                      : 31 Oktober 2010 s/d 02 November 2018

 

  1. Terkait kekurangan dalam pelaksanaan sidang isbat yang lalu berikut perbaikan yang perlu dilakukan yaitu:
  1. Kondisi Ruangan yang kurang besar
  2. Penjemputan Pihak  Berperkara yang rumahnya jauh sehingga dapat datang tempat waktu
  3. Akomodasi dan transportasi untuk majelis hakim dan tim dari PA Tulang Bawang
  4. MOU mengenai Sidang Isbat
  1. Adanya kerjasama dalam pelaksanaan sidang isbat ini dengan Kemenag Mesuji.

Dalam rapat bulanan ini juga Bapak Mukrom, SHI, MH dan Bapak Shobirin, SHI., M.Sy juga memberikan masukan terkait sidang isbat terpadu diantaranya:

  1. Terkait dengan Isbat ada beberapa KUA yang mempertanyakan mengenai macam-macam sidang isbat. Sidang Isbat terdiri dari 3 macam yaitu:
  1. Isbat Sendiri (langsung daftar ke kantor Pengadilan Agama)
  2. Isbat Masal ( Biaya dari Masyarakat)
  3. Isbat Terpadu (Biaya Mutlak dari Pemda)
  1. Sesuai PERMA no. 1 Tahun 2018 biaya bisa ditanggung bersama-sama antara masyarakat dan Pemda/DPRD.
  2. Terkait perbaikan akomodasi dan transportasi dapat di RAB sebelum melakukan Isbat.
  3. Teknis Isbat Terpadu menyesuaikan dengan jumlah majelis yang ada.

Selanjutnya rapat bulanan ini ditutup oleh Waka PA Tulang Bawang yang mengingkatkan seluruh pegawai PA Tulang Bawang terkait Perma No. 7,8, dan 9 Tahun 2016 mengenai kedisiplinan. Agar setiap pegawai PA Tulang Bawang menganggap kantor adalah rumah dan ladang kita. “Self Belonging and Belonging Responsibilty”. Dalam mengatasi permasalahan kita juga harus bekerja sama dengan baik dan meninggalkan sekat-sekat yang ada, menjaga persaudaraan sehingga dapat menjaga dan mengingkatkan prestasi.

b

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

PA TULANG BAWANG

Jalan Cemara Komp. Pemda Tulang Bawang

Kabupaten Tulang Bawang,  Menggala.

Telp :  +62 726 21832

Faks:  +62 726 21832

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

            Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tautan Aplikasi

SIPP

Komdanas

SIKEP

SIMARI

LPSE

Comodo Secure Wildcard SSL