Ditulis oleh Irwan Hidayat, S.H.I. on . Dilihat: 57

Iman & Amal dalam kehidupan

IMG 20191002 153031 compress431

       Bapak Ketua Pengadilan Agama Tulang Bawang YM H. Soleh, Lc., M.A. berkesempatan mengisi kegiatan rutin mingguan Tausiyah di Mushalla Al-Mahkamah Pengadilan Agama Tulang Bawang pada Rabu sore 03 Oktober 2019. Beliau menyampaikan materi tentang Iman dan Amal dalam kehidupan, sebagaimana Tausiyah-tausiyah sebelumnya dari Bapak-bapak Hakim tentang konsep kehidupan dan bagaimana semestinya kita menjalani hidup, Bapak Ketua pun memaparkan tentang makna iman dan amal dalam konteks kehidupan.

       Di dalam Alqur'an kata iman selalu disandingkan dengan amal shalih, yang berarti iman disini tidak cukup hanya sekedar kata dan sekedar konsep semata. Iman disini harus diiringi dengan pembuktian yaitu pelaksanaan dalam bentuk amal shalih, karena makna iman itu sendiri membenarkan dengan hati, mengucapkan dengan lisan, diproklamirkan dengan syahadat, dibenarkan dan dibuktikan dengan amal perbuatan. Dan pembuktian dengan perbuatannya terdiri dari hablumminallah yaitu hubungan manusia sebagai makhluk dengan sang khalik, dan hablumminannas hubungan dengan sesama manusia.

       Jadi sebagai seorang mukmin tiap individu harus membuktikan keimanannya dengan amaliyah sehari-harinya. Karena konsep iman itu terletak pada kesesuaian keyakinan dan ucapan dengan perbuatan. Jikalau ucapan tidak sesuai dengan perbuatan maka bisa tergolong kepada munafik, dan jika ucapan beserta perbuatan tidak ada yang sesuai, beserta keyakinan tidak ada yang diyakini sama sekali maka bisa tergolong kafir. Jadi untuk membuktikan iman tersebut harus dengan perbuatan yang real, yaitu dengan amal shalih.

IMG 20191002 153055 compress961

       Dalam sebuah riwayat hadits diceritakan tentang sahabat Annas bin Malik yang membaktikan dirinya dengan bekerja di rumah Rasul, membantu menyiapkan kebutuhan sehari-hari Rasul dengan ikhlas. Namun dengan kebesaran jiwanya Rasul tetap ingin membalas jasa Annas karena menghargai baktinya walaupun Annas bin Malik sendiri tidak meminta apa-apa dari Rasul. Dan akhirnya Annas meminta kedekatan dengan Rasul nanti di surga, namun walaupun doa Rasul sendiri makbul dan yang meminta pun sahabat yang sangat dekat dengan Rasul, Beliau tidak langsung mengiyakan doa yang diminta Annas. Beliau berkata kepada Annas walaupun sudah di doakan tapi tetaplah bantu supaya doa itu bisa dikabulkan dengan memperbanyak sujud.

       Sehingga bisa disimpulkan bahwa untuk mendapatkan keutamaan dan kelebihan sebagai orang yang beriman tidak cukup dengan doa dan konsep saja. Walau setingkat sahabat nabi sekalipun harus tetap dibarengi dengan amal shalih. Sebagaimana yang disampaikan Allah dalam firmanNya tentang konsep iman dan amal shalih yang selalu berbarengan kata-kataNya dalam Alqur'an, dan dicontohkan oleh Nabi dengan Sunnahnya. Dengan itulah kebahagiaan dunia akhirat yang selalu kita mintakan dalam doa kita bisa digapai.    

 

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

PA TULANG BAWANG

Jalan Cemara Komp. Pemda Tulang Bawang

Kabupaten Tulang Bawang,  Menggala.

Telp :  +62 726 21832

Faks:  +62 726 21832

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tautan Aplikasi

Comodo Secure Wildcard SSL