Ditulis oleh Irwan Hidayat, S.H.I. on . Dilihat: 24

Evaluasi Implementasi APM PA Tulang Bawang

apm

Agenda Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama Tulang Bawang berlanjut di hari Selasa tanggal 19 November 2019, yang mana Tim Assesor dari Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung melakukan observasi langsung ke kantor Pengadilan Agama Tulang Bawang guna Evaluasi Implementasi APM. Dimana sebelumnya telah dilakukan kegiatan Telusur Dokumen di PTA Bandar Lampung. Observasi ini dilakukan untuk mengecek kesesuaian data-data dan dokumen yang telah ditelusuri sebelumnya, mengecek sarana prasarana yang telah dikirimkan fotonya, serta melihat dan menilai langsung pelayanan di Pengadilan Agama Tulang Bawang. Evaluasi ini dilaksanakan oleh Assesor External PTA Bandar Lampung, Bapak Yosrinaldi Syarif, S.H., M.H., Bapak H. Ahmad Syahab, S.H., M.H., dan Bapak Ahmad Anwar, S.T.

Setelah seharian melakukan evaluasi, pada sore harinya Tim Assesor External beserta seluruh Pegawai Pengadilan Agama Tulang Bawang berkumpul di Ruang Sidang untuk Pembahasan dan Pemaparan Evaluasi Implementasi APM ini. Kegiatan dimulai dengan Pembukaan dan Doa, serta menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung. Selanjutnya setelah beberapa kata sambutan dan yel-yel satker yang diucapkan bersama, Bapak Ketua Pengadilan Agama Tulang Bawang melakukan Presentasi materi Evaluasi Implementasi APM. Dengan menggunakan infokus Bapak Ketua memaparkan Perkembangan Implementasi APM di satker Pengadilan Agama Tulang Bawang, merinci Implementasi tersebut dalam 7 area APM yaitu Kepemimpinan, Customer Focus, Proses Management, Strategic Planning, Resource Management, Dokumen System, dan Performance Result. Di samping menjelaskan per area juga disertakan foto-foto keadaan satker sebelum dan sesudah APM.

Kemudian Lead Assesor PTA Bandar Lampung Bapak Yosrinaldo Syarif, S.H., M.H. dalam memberikan arahan menyampaikan bahwa APM sekarang ini sudah menjadi tanggung jawab masing-masing satker, bukan menjadi kewajiban PTA. Karena satker-satker sudah menghadapi surveillance yang ke-sekian kalinya, tinggal menjalankan program APM ini sepenuhnya dan beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi dengan program ini. APM yang termasuk dalam blueprint Mahkamah Agung menuntut tiap Pengadilan untuk berubah ke arah yang lebih baik, terlebih di era Revolusi 4.0 yang mengubah paradigma berfikir manusia. Perubahan ke arah lebih baik ini harus secara komprehensif, dari mindset atau pola pikir sampai menjadi cultureset atau kebiasaan yang baik. Diawali dengan perubahan pikiran kemudian dengan perkataan, selanjutnya dengan perbuatan, sehingga bisa menjadi kebiasaan yang baik dan menjadi karakter dari tiap pribadi. Dalam konteks APM, perubahan bukan hanya dalam bentuk fisik, sarana prasarana ataupun dokumen fisik. Tetapi juga dalam tiap Person in Charge, dalam Implementasi tiap area baik di APM maupun ZI.

apm j

 

 

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

PA TULANG BAWANG

Jalan Cemara Komp. Pemda Tulang Bawang

Kabupaten Tulang Bawang,  Menggala.

Telp :  +62 726 21832

Faks:  +62 726 21832

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tautan Aplikasi

Comodo Secure Wildcard SSL