Ditulis oleh Irwan Hidayat, S.H.I. on . Dilihat: 27

Rapat Bulanan Pertama & Rapat Kerja PA Tulang Bawang tahun 2020

rak1  rak2                                                                                                

Di awal tahun 2020 Pengadilan Agama Tulang Bawang bersiap dengan sejumlah agenda besar dalam pelaksanaan program dan rencana kerja. Selain telah dibahas di akhir tahun kemaren tentang rencana kerja dan Anggaran terkait DIPA yang telah diterima untuk tahun anggaran 2020, di awal tahun ini untuk lebih konkritnya diadakan kegiatan Rapat Kerja guna mendudukkan Program Kerja Pengadilan Agama Tulang Bawang di tahun 2020. Bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Tulang Bawang pada hari Senin tanggal 6 Januari tahun 2020, sebelum memulai Rapat Kerja dilaksanakan Rapat Bulanan.

Rapat Bulanan dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan membahas sejumlah capaian PA Tulang Bawang dan mengevaluasi sasaran-sasaran kinerja yang telah dilakukan. Ketua PA Tulang Bawang H. Soleh, Lc., M.A. membuka rapat dengan mengapresiasi kinerja pegawai, salah satunya dengan diraihnya predikat pertama prestasi kinerja Pengadilan Agama se-wilayah Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung berdasarkan surat Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung nomor : W8-A/1852/OT.01.2/12/2019 tentang hasil rekapitulasi penilaian kinerja satker periode triwulan III. Kemudian Ketua PA Tulang Bawang memaparkan tentang yel-yel PA Tulang Bawang yaitu "Go Action Go Excellent" yang maknanya setelah satu capaian kita lakukan maka harus dilanjutkan dengan capaian berikutnya untuk melakukan yang terbaik sesuai dengan ayat dalam QS. Al-Insyirah : 7 فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ  yang artinya "Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain". Selanjutnya Wakil Ketua Nur Said, S.H.I., M.Ag. memaparkan tentang program atau rencana yang dicanangkan untuk tahun 2020, seperti agenda Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu yang harus dimulai dari awal tahun, terkait aspek evidence maka harus mulai ditata dan dilengkapi dari awal tahun ini. Kemudian disampaikan tentang Aspek Pengawasan Internal yang harus dioptimalkan demi kinerja yang lebih baik lagi. Dan juga tentang urgensi Rapat khusus/rapat terbatas tiap unit kerja demi mendukung semua program yang dicanangkan.

Selanjutnya pada pukul 10.30 WIB Rapat Kerja dimulai yang dipimpin oleh Bapak Zubaidi dengan Sekretaris Ade Marlia, A.Md. dengan Tema "Meningkatkan Kualitas Pelayanan berbasis Teknologi Informasi di era digital"sebelum rapat kerja dimulai Bapak Ketua dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pengadilan Agama sebagai sebuah organisasi tentu harus ada POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) . Rapat Kerja sebagai unsur perencanaan program kerja yaitu untuk memusyawarahkan program baik yang bersifat rutinitas atau yang bersifat insidentil, baik yang bersifat budaya kerja atau yang bersifat koordinasi antar unit kerja. Dan beberapa catatan di tahun 2019 dijadikan evaluasi untuk tahun 2020 ini, kemudian Bapak Ketua juga memotivasi Peserta Raker dengan tetap mengusung semangat "Go Action Go Excellent".

rak3 rak 4

  Pembukaan Raker oleh Pimpinan                                           Pimpinan Raker yang telah ditunjuk membacakan pembagian komisi

Kemudian Rapat Kerja dibuka oleh Pimpinan Raker dan membacakan Pembagian Komisi serta ruangan raker masing-masing komisi. Yang terdiri dari 3 Komisi, Komisi pertama tentang Manajemen Peradilan, Pelayanan Hukum/publik, Penyelenggaraan Administrasi Pengadilian. Komisi kedua tentang Perencanaan, IT, dan Pelaporan, Kepegawaian dan Ortala, serta Umum dan Keuangan. dan Komisi ketiga tentang Pembinaan, Pengawasan, dan Organisasi Penunjang lainnya. Raker berjalan sesuai dengan agenda, sampai dengan pukul 13.30 WIB. Selanjutnya pemaparan hasil raker masing-masing komisi dalam rapat pleno di Ruang Sidang utama, yang mana ditanggapi oleh komisi lainnya serta diberi masukan dan saran. Suasana Rapat Pleno cukup hidup dengan aktifnya peserta rapat dalam menanggapi program-program yang dicanangkan dan disampaikan.

Beberapa saran dan masukan yang bersifat konstruktif/membangun disampaikan oleh peserta rapat, termasuk Unsur Pimpinan sebagai pemangku kebijakan memfokuskan semua program yang dipaparkan. Dari segi estimasi realisasi kegiatan dan estimasi waktu pelaksanaan, kemudian semua program yang tercantum dalam RKA-K/L dan berbasis DIPA juga diingatkan agar masuk semua dalam Program Kerja yang dicanangkan. Beberapa program lama ada yang dihapus, ada yang dikoreksi, dan ada juga program baru yang ditambahkan. Rapat Pleno berjalan lancar sesuai agenda dan selesai pada pukul 15.30 WIB.

rak7 rak5                                                                       Raker Komisi I                                                               Raker Komisi II

Setelah Rapat Pleno selesai, hasil rapat diserahkan oleh Pimpinan Rapat Bapak Zubaidi kepada Pimpinan Pengadilan Agama Tulang Bawang. Rapat Kerja PA Tulang Bawang tahun 2020 ini mendapat apresiasi dari segenap unsur pimpinan dan diharapkan semua Keluarga Besar PA Tulang Bawang dapat menjalankan program kerja yang dicanangkan dengan sepenuhnya dan semaksimal mungkin. Program yang bagus tentu tidak akan berarti apa-apa jika tidak diimplementasikan dengan bagus pula.

rak6 rak8

                  Raker Komisi III                                               Penyerahan hasil raker dari Pimpinan Raker kepada Pimpinan PA Tulang Bawang

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

PA TULANG BAWANG

Jalan Cemara Komp. Pemda Tulang Bawang

Kabupaten Tulang Bawang,  Menggala.

Telp :  +62 726 21832

Faks:  +62 726 21832

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tautan Aplikasi

Comodo Secure Wildcard SSL