Ditulis oleh Irwan Hidayat, S.H.I. on . Dilihat: 34

PA Tulang Bawang Melaksanakan Sita Jaminan

Rabu 29 Januari 2019, Pengadilan Agama Tulang Bawang melaksanakan Sita Jaminan terhadap harta bersama dalam perkara Gugatan Harta Bersama yang diajukan oleh para pihak berperkara yang diwakili oleh Kuasa Hukum dari Perumnas Tiyuh Tohou Menggala Fitra Agustinus, S.H., M.H. dengan nomor 0447/Pdt.G/2019/PA.Tlb, Perkara Gugatan Harta Bersama ini sebelumnya didahului oleh Perkara Cerai Talak dengan nomor 0358/Pdt.G/2019/PA.Tlb. Pelaksanaan sita ini bermaksud untuk menjamin Harta Bersama yang penguasaannya berada di tangan Tergugat, agar tidak dipindahtangankan dan agar Harta Bersama tersebut tetap utuh selama proses persidangan berlangsung.

sita 2

Pelaksanaan Sita Jaminan ini dilaksanakan oleh Jurusita Pengganti PA Tulang Bawang Masdi, dengan saksi Jurusita dari PA Tulang Bawang Zubaidi , dan Mukhlis, S.H.I. Panitera Pengganti, serta Toni Adi Saputra, A.Md. Sopir. Bertempat di Kelurahan Menggala Selatan, Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulang Bawang. Harta Bersama yang disita berupa Barang Bergerak dan Tidak Bergerak, Rumah, Kendaraan, dan Meubelair. Dalam Penyitaan ini juga dihadiri oleh Lurah Menggala Selatan Musolli, S.H., M.H. dan dikawal oleh Anggota Polsek Menggala, Kapolsek Iptu Zulkifli, S.H. beserta jajaran. Sebelum menginventarisir harta/aset yang masuk dalam penyitaan, Pihak Pengadilan Agama menyampaikan kepada Tergugat bahwa Penyitaan ini bukanlah berarti mengambil harta bersama mereka namun hanya menginventarisir Harta tersebut dan menyampaikan kepada Tergugat bahwa harta/aset yang telah didata tidak boleh dipindahtangankan selama proses persidangan berlangsung sesuai dengan Perintah Majelis Hakim dalam Putusan Sela.

sita 3

Ketika menginventarisir harta yang menjadi objek sita jaminan juga ditanyakan perihal aset yang diajukan dalam draft penyitaan namun tidak ada di tempat. Jurusita Pengganti dalam hal ini fokus kepada objek yang tercantum di dalam draft, mengecek satu persatu dan memastikan keberadaan dari objek yang dimohonkan sita tersebut. Serta mencatat dalam Berita Acara yang kemudian ditandatangani oleh Jurusita Pengganti, Kuasa Hukum Penggugat, Tergugat, Para Saksi, dan diketahui oleh Lurah.

Proses Penyitaan berjalan lancar tanpa kendala yang berarti, dan Pihak Tergugat juga cukup memahami penjelasan dari Pengadilan Agama Tulang Bawang.

sita 1

 

 

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

PA TULANG BAWANG

Jalan Cemara Komp. Pemda Tulang Bawang

Kabupaten Tulang Bawang,  Menggala.

Telp :  +62 726 21832

Faks:  +62 726 21832

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tautan Aplikasi

Comodo Secure Wildcard SSL