Ditulis oleh Irwan Hidayat, S.H.I. on . Dilihat: 104

7 Indikator Kebahagiaan

f1

     Kegiatan rutin Pengadilan Agama Tulang Bawang setiap hari Rabu sore setelah shalat ashar berjamaah yaitu kultum/tausiyah agama, pada hari Rabu tanggal 29 Januari 2020 ini diisi oleh Ibu Hakim Fitri, S.H.I., M.H. Beliau menyampaikan tema tentang Indikator Kebahagiaan. Apa makna kebahagiaan, bagaimana konsep bahagia yang sesungguhnya, dan bagaimana kita bisa menjadi Hamba Allah yang dapat merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya tersebut. Terkhusus di Lingkungan Kantor Pengadilan Agama Tulang Bawang sendiri, Ibu Fitri telah melakukan survey kecil-kecilan kepada para pegawai tentang persepsi kebahagiaan menurut mereka. Berbagai persepsi yang didapatkanpun disampaikan dalam kegiatan kultum ini, berikut ditanyakan juga kembali kepada para jama'ah. Dan dijelaskan bahwa ruang lingkup kebahagiaan yang sesungguhnya tidak hanya dalam urusan dunia yang sementara, tapi juga untuk urusan akhirat tempat kehidupan abadi yang sebenarnya.

f2

     Adapun Indikator kebahagiaan menurut Sahabat Nabi Abdullah bin Abbas atau yang lebih dikenal dengan Ibnu Abbas ada 7 indikator. Ibnu Abbas adalah salah satu sahabat senior yang juga merupakan sepupu Nabi sendiri, ayahnya Abbas bin Abdul Muthallib merupakan saudara Ayah Nabi Abdullah bin Abdul Muthallib. Walaupun dari segi usia di kalangan Sahabat Nabi generasi pertama beliau tergolong yang masih muda seperti Sayyidina Ali bin Abi Thalib, namun dari segi kelimuan beliau sangat mumpuni dikarenakan intensitas kebersamaannya dengan Nabi dan Intelegensinya yang tinggi. Bahkan di usia yang masih belia beliau sudah dipanggil Syekh oleh sahabat lainnya karena kualitas keilmuannya, beliau banyak meriwayatkan hadits dan juga pakar dalam bidang tafsir sebagaimana doa Nabi untuknya : 

اَللَّهُمَّ فَقِّهْهُ فِى الدِّيْنِ وَعَلِّمْهُ التَّأْوِيْلَ

“Ya Allah, berikanlah kefahaman baginya dalam urusan agama, dan ajarkanlah dia ta’wil (tafsir ayat-ayat al-Qur’an)” (HR.Bukhari)

     7 Indikator Kebahagiaan menurut Ibnu Abbas :

1. Qalbun Syakirun

    Yaitu Hati yang selalu bersyukur dalam tiap keadaan, tidak hanya ketika merasakan nikmat namun juga ketika diuji dengan musibah. Ketika mendapat nikmat bersyukur, dan ketika mendapat musibah bersabar.

2. Azwaju Shaliha

    Yaitu Pasangan Suami Istri yang soleh dan solehah, yang merupakan sumber kebahagiaan yang hakiki dalam rumah tangga.

3. Awladul Abror

    Anak-anak yang baik dan berbakti. Yang menjadi Qurratu A'yun bagi kedua orangtua, dan bisa menjadi penolong kedua orangtuanya kelak.

4. Bi'atus Shaliha

    Lingkungan yang baik, yang bakal mempengaruhi seorang hamba dalam kehidupannya.

5. Malul Halal

    Harta yang halal, yang baik/bagus jenisnya serta didapatkan dengan cara yang baik/yang halal pula. Sehingga menjadi berkah bagi yang   memilikinya.

6. Tafaqquh fid din

    Memperdalam Ilmu Agama, dengan kajian-kajian/halaqah-halaqah keagamaan yang menjadi tolak ukur kebaikan dan kebahagiaan seorang muslim.

7. Tuulul umri fi Tha'atillah

    Umur yang berkah, yaitu umur yang panjang dan selalu dalam keta'atan kepada Allah semasa hidup.

untuk ceramah lengkapnya dapat dilihat di link youtube berikut https://www.youtube.com/watch?v=IihWd-yVi0w

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

PA TULANG BAWANG

Jalan Cemara Komp. Pemda Tulang Bawang

Kabupaten Tulang Bawang,  Menggala.

Telp :  +62 726 21832

Faks:  +62 726 21832

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tautan Aplikasi

Comodo Secure Wildcard SSL