Ditulis oleh Irwan Hidayat, S.H.I. on . Dilihat: 120

Sosialisai Program Prioritas Badilag (Pembekalan Zona Integritas)

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama telah menetapkan 7 (tujuh) program prioritas. Ketujuh program prioritas tersebut yaitu : Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Pelayanan Informasi Melalui Website Pengadilan, Penyelesaian Perkara Tepat Waktu, Minutasi dalam Satu Hari (One Day Minutation), Publikasi Putusan dalam Satu Hari (One Day Publish), Administrasi Perkara Secara Elektronik (e-Court) dan Implementasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP). Secara keseluruhan program-program tersebut telah berjalan di Lingkungan Peradilan Agama, termasuk di Pengadilan Agama Tulang Bawang. Namun untuk program pertama yaitu Pembangunan Zona Integritas, walaupun sudah hampir semua Pengadilan Agama melakukan Pencanangan Pembangunan ZI namun belum semua yang sudah melakukan Pembangunannya dan mendapatkan Predikat WBK serta WBBM.

Menindaklanjuti hal tersebut Badilag menyampaikan edaran kepada Tiap Pengadilan Tinggi Agama dalam surat Nomor : 346/DJA/KP.01/2/2020 tanggal 5 Februari 2020 tentang Pembangunan ZI Di Lingkungan Peradilan Agama tahun 2020. Sesuai dengan perintah Sekretaris Mahkamah Agung dalam Surat Nomor : 2/SEKMA/OT.01.1/1/2020 perihal Langkah-langkah Strategis Pelaksanaan ZI Tahun 2020. Serta telah mengusulkan unit kerja di Lingkungan Peradilan Agama kepada SEKMA dan BAWAS Mahkamah Agung untuk mendapat predikat WBK/WBBM. Adapun Pengadilan Agama Tulang Bawang termasuk satker yang belum diusulkan sehingga pada tahun 2020 ini Badilag memerintahkan untuk segera melakukan Pembangunan ZI. Dan di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung dipilih 6 Satker yang dianggap mampu untuk melakukan Pembangunan ZI tersebut termasuk Pengadilan Agama Tulang Bawang.

PTA Bandar Lampung menyikapi hal tersebut dengan mengadakan Pembekalan yang dipimpin oleh Sekretaris Ditjen Badilag dan Waka PTA Bandar Lampung pada hari Jumat 7 Februari 2020 di Aula PTA Bandar Lampung. Acara tersebut diikuti oleh Pimpinan Pengadilan Agama se-wilayah PTA Bandar Lampung, Ketua, Wakil, Panitera, dan Sekretaris. Adapun satker yang diperintahkan untuk segera melakukan pembangunan ZI yaitu PA Tanjung Karang, PA Metro, PA Tanggamus, PA Kalianda, PA Tulang Bawang, dan PA Blambangan Umpu.

4

Untuk mendapatkan ilmu pembekalan ZI tersebut PTA melakukan live streaming, dan disaksikan oleh Pegawai di kantor masing-masing. Begitu pula Pegawai-pegawai di Pengadilan Agama Tulang Bawang.

3

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

PA TULANG BAWANG

Jalan Cemara Komp. Pemda Tulang Bawang

Kabupaten Tulang Bawang,  Menggala.

Telp :  +62 726 21832

Faks:  +62 726 21832

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tautan Aplikasi

Comodo Secure Wildcard SSL