Ditulis oleh Irwan Hidayat, S.H.I. on . Dilihat: 48

Pelatihan Pelayanan Publik oleh Tim BRI Tulang Bawang

4

Senin 16 Maret 2020 Pengadilan Agama Tulang Bawang melaksanakan Pelatihan Pelayanan Publik yang dimentori oleh TIM Bank BRI Cabang Tulang Bawang. Guna mewujudkan pelayanan prima terhadap masyarakat pencari keadilan, Pengadilan Agama Tulang Bawang selalu berupaya memperbaiki kinerja terutama di bidang pelayanan karena business core Pengadilan adalah pelayanan itu sendiri. Sebagaimana diketahui bahwa pelayanan publik yang baik oleh suatu instansi salah satunya dari dunia perbankan, maka Pengadilan Agama Tulang Bawang meminta kepada Bank BRI Cabang Tulang Bawang untuk memberikan pengarahan kepada Petugas Pelayanan di Pengadilan Agama Tulang Bawang dan kepada semua Aparatur secara umum, bagaimana mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat. Bagaimana bersikap, menerima masyarakat, menghadapi, berkomunikasi, dan melayani dengan sebaik mungkin tiap masayarakat pencari keadilan.

1

Pelatihan dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Tulang Bawang, diikuti oleh semua pegawai, dan Tim dari Bank BRI yang terdiri dari 2 orang Karyawan yaitu Mega Suci, S.E. dan Devia Dea Oktavia, S.Kom. serta 1 orang Security Ido Andreza. Acara dibuka dengan kata sambutan dari Ketua Pengadilan Agama Tulang Bawang H. Soleh, Lc., M.A. kemudian langsung kepada materi tentang pelayanan publik yang disampaikan oleh Mega Suci, S.E. dan setelah beberapa materi disampaikan juga langsung dipraktekkan secara Role Play tiap tahapan pelayanan di Pengadilan Agama, dimulai dari ketika masyarakat baru datang sampai selesai dalam mengurus permasalahan hukumnya. Para petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu dalam kesempatan ini melaksanakan praktek langsung dalam hal simulasi pelayanan publik dengan arahan dan masukan dari Tim BRI. Bagaimana attitude, sikap, performance, dalam konteks pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dimulai ketika security dari gerbang kantor menerima dan mengarahkan tamu yang datang, bagaimana sikap security menerima tamu tersebut, sampai diarahkan ke tujuan tamu itu. Security BRI Tulang Bawang Ido Andreza dalam kesempatan ini mencontohkan langsung kepada Security Pengadilan Agama Tulang Bawang. Kemudian Petugas di Ruangan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dimentori oleh Devia Dea Oktavia, S.Kom. tentang tatacara berkomunikasi yang baik, dari intonasi, mimik wajah, bahasa tubuh, semua hal dalam interaksi melayani masyarakat dipraktekkan sebagaimana Standar Operating Procedure yang diterapkan di Bank BRI Tulang Bawang. Semua petugas PTSP PA Tulang Bawang melaksanakan simulasi pelayanan dari berbagai macam urusan para pihak pencari keadilan.

2

Selanjutnya juga disampaikan oleh Tim BRI bagaimana menghadapi masyarakat dengan berbagai latar belakang dan berbagai permasalahan, dan dalam berbagai situasi. Bagaimana kita bersikap ketika situasi yang dihadapi tidak kondusif. Bagaimana kita menyadari peran sebagai Pelayan Masyarakat dan menganggap masyarakat yang kita layani tersebut adalah Raja. Dalam berhadapan langsung dengan masyarakat tersebut kita harus memahami typikal dari masyarakat yang dihadapi, sehingga kita bisa menentukan sikap bagaimana melayani dengan sebaik mungkin. Kemudian perhatian penuh juga sangat diperlukan dalam berinteraksi, bagaimana kita memahami perasaan masyarakat yang kita hadapi, bagaimana kita juga bisa ikut berempati dengan tiap permasalahan hukum dari masyarakat yang kita layani. Bagaimana kita membuat kesan yang ramah, humble, dengan memperkenalkan diri sebelum berinteraksi dan juga menanyakan identitas masyarakat serta menyebut namanya dalam berkomunikasi. Kemudian penggunaan kata maaf dan terima kasih dalam tiap pelayanan. Semua hal dalam peningkatan pelayanan dilatih dalam kesempatan ini.

3

Pengadilan Agama Tulang Bawang mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada BRI Cabang Tulang Bawang yang telah memberikan ilmu yang sangat bermanfaat dalam hal Pelayanan Publik. Bapak Wakil Ketua Nur Said, S.H.I., M.Ag. setelah acara selesai menyampaikan langsung kepada Tim BRI semoga ilmu yang telah diberikan menjadi amal jariyah dan bermanfaat bagi semua.

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

PA TULANG BAWANG

Jalan Cemara Komp. Pemda Tulang Bawang

Kabupaten Tulang Bawang,  Menggala.

Telp :  +62 726 21832

Faks:  +62 726 21832

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tautan Aplikasi

Comodo Secure Wildcard SSL