Ditulis oleh Irwan Hidayat, S.H.I. on . Dilihat: 22

Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI sedang gencar-gencarnya mendongkrak pembangunan ZI satker-satker di bawahnya. Hal ini terlihat dengan intensnya Bimtek yang dilakukan walaupun di tengah masa pandemi sekarang ini. Melalui Zoom’s Virtual Meeting Bimtek Pembangunan ZI dilakukan. Seluruh PTA di Indonesia dibagi jadwalnya menjadi 4 hari dan wilayah PTA Bandar Lampung mendapat jadwal pada hari Selasa tanggal 19 Mei 2020. Dari Pengadilan Agama Tulang Bawang diikuti oleh semua unsur pimpinan dan pejabat.

SAVE 20200521 0149371

Acara dimulai pukul 13.00 WIB dengan dibuka oleh Kasubdit Bimbingan dan Monitoring Bapak Sutarno, S.I.P., M.M. dan dilanjutkan sepatah kata dari Direktur Pembinaan Administrasi Ibu Dra. Nur Djannah Syaf, S.H., M.H. Selanjutnya masuk ke materi acara yang menjadi Narasumbernya adalah Drs. Agus Uji Hantara Ak, M.E. Asisten Deputi Pengelolaan Pengaduan Aparatur Masyarakat dari Kemenpan-RB. Sebelum masuk ke materi beliau mengapresiasi Mahkamah Agung sebagai Institusi yang cukup banyak satker di bawahnya yang telah meraih predikat WBK sehingga Ketua MA mendapat penghargaan sebagai salah satu Pelopor Perubahan.

SAVE 20200521 0149141

Bapak Narasumber menjelaskan perihal Grand Design Reformasi Birokrasi Nasional 2010-2025, yang mana sekarang telah masuk Roadmap ketiga dari tahapan tersebut, dan ZI merupakan miniatur pelaksanaan reformasi birokrasi di Indonesia. Dengan tujuan di dalam kerangka pelaksanaan reformasi birokrasi yaitu mewujudkan good governance, tata kelola pemerintahan yang baik sehingga mampu mengembangkan budaya kerja birokrasi yang anti korupsi, berkinerja tinggi, dan memberikan pelayanan publik yang berkualitas. Serta membangun percontohan (role model) pada tingkat unit kerja Instansi Pemerintah sebagai unit yang menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

Kemudian Bapak Narasumber menjelaskan teknis pelaksanaan menuju WBK dan WBBM dari satker yang telah di usulkan dan diuji. Bagaimana supaya bisa mencapainya dan kendala-kendala apa saja yang umumnya dihadapi satker-satker. Dalam manajemen perubahan sebagai contoh, Pimpinan satker harus komitmen terhadap reform yang dilakukan dalam perubahan mindset dengan dibarengi integritas tinggi dan prioritas melayani. Dalam tata laksana atau tata kelola, cara kerja harus ke arah efisiensi dan efektifitas. Serta sudah mengoptimalkan penggunaan Teknologi Informasi dalam upaya transparansi satker. Dan juga tak kalah pentingnya dalam Pembangunan ZI ini setiap pegawai harus menyamakan persepsi terlebih dahulu disertai PDCA (plan, do, check, act). Serta perubahan atau reformasi yang dilakukan harus bersifat sistemik masuk menyeluruh ke tiap sistem dan berkelanjutan.

SAVE 20200521 0149261

Setelah memaparkan materi, langkah-langkah, dan trik dalam Pembangunan ZI, Bapak Narasumber mempersilahkan Partisipan untuk bertanya. Namun dengan singkatnya waktu tidak semua partisipan mendapat kesempatan sehingga Badilag selaku Fasilitator mempersilahkan Pengadilan-pengadilan Agama dan Pengadilan-pengadilan Tinggi Agama yang belum mendapat kesempatan untuk mengirim pertanyaan dan akan dijawab oleh Narasumber di kesempatan lainnya.

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

PA TULANG BAWANG

Jalan Cemara Komp. Pemda Tulang Bawang

Kabupaten Tulang Bawang,  Menggala.

Telp :  +62 726 21832

Faks:  +62 726 21832

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tautan Aplikasi

Comodo Secure Wildcard SSL