Ditulis oleh Irwan Hidayat, S.H.I. on . Dilihat: 129

Rapat Bulanan PA Tulang Bawang

SAVE 20200706 1513021

Senin 6 Juli 2020 bertempat di Ruang Sidang Utama, Pengadilan Agama Tulang Bawang mengadakan Rapat Bulanan dan Evaluasi sesuai dengan Surat Undangan Ketua PA Tulang Bawang Nomor : W8-A7/620/OT.01.3/07/2020 tanggal 3 Juli 2020. Rapat dihadiri semua Pegawai dari Unsur Pimpinan sampai PPNPN (pegawai pemerintah non pegawai negeri). Rapat dimulai pukul 09.00 WIB dengan dimoderatori oleh Sekretaris PA Tulang Bawang Aswari Humpara, S.H.

Dalam pembukaan rapat Bapak Sekretaris menyampaikan perihal Kedisiplinan, Kebersihan, Tugas Pokok dan Fungsi, Uraian Tugas, Serta semua aturan kepegawaian yang harus dipahami dan ditaati oleh semua Pegawai PA Tulang Bawang. Hal ini sesuai dengan Pembinaan Kepegawaian dari PTA Bandar Lampung pada hari Jum’at tanggal 3 Juli 2020 melalui virtual meeting sesuai dengan Surat Undangan KPTA Bandar Lampung Nomor : W8-A/1035/PP.00/7/2020 tanggal 2 Juli 2020. Kemudian Bapak Sekretaris juga mengingatkan kepada semua pegawai agar sering-sering membaca dan melihat uraian tugas masing-masing supaya tidak lupa dengan kewajiban.

SAVE 20200706 1513271

Selanjutnya Wakil Ketua YM Nur Said, S.H.I., M.Ag. yang berkesempatan menyampaikan arahan, Beliau memulai dengan kata-kata motivasi “Ini (PA Tulang Bawang) rumah kita, mari kita tatap dan kita laksanakan pekerjaan rumah kita dengan sebaik-baiknya”. Beliau menyampaikan hasil Pembinaan Kepegawaian PTA Bandar Lampung tentang sosialisasi reward & punishment. Bahwa di wilayah hukum PTA Bandar Lampung sudah ada beberapa pegawai yang terkena hukuman baik ringan, sedang, maupun berat. Dan juga banyak pula Pengadilan Agama yang mendapatkan reward atas kinerjanya seperti PA Tulang Bawang salah satunya yang dalam semester ini mendapatkan penghargaan atas Publikasi dan Upload Putusan yang mencapai 100 %. Kemudian dalam proses perbaikan kinerja satker divisualisasikan oleh PTA Bandar Lampung ibarat “sekumpulan orang yang mendorong gerobak untuk maju, ada yang benar-benar mendorong, ada yang sekedar numpang duduk di atasnya, dan malah ada yang menahan atau menghambat laju gerobak”. Dewasa ini di zaman APM dan ZI semestinya semua pihak bersinergi satu sama lain, berjalan seiring demi kebaikan bersama, bekerja sama dan sama-sama bekerja. Terkhusus di PA Tulang Bawang, untuk Pengawasan dan Pembinaan beliau mengintruksikan agar Hawasbid segera bekerja dan dibuatkan SK nya karena adanya Hakim baru.

SAVE 20200706 1513181

Kemudian Panitera PA Tulang Bawang Sunlina Baiti, S.H. menyampaikan evaluasi, himbauan, dan instruksi terhadap jajarannya di Kepaniteraan. Akuntabilitas, Transparansi, dan Integritas Pegawai di Kepaniteraan harus benar-benar dijaga. Di bidang pelayanan jangan sampai ada indikasi atau persepsi pungli dan gratifikasi, sangat tidak bisa ditolerir kalau ada oknum yang melakukan pelanggaran. Serta perihal Laporan Bulanan Perkara yang harus diselesaikan on time atau tepat waktu. Walaupun PA Tulang Bawang selalu mengirimkan Laporan secara tepat waktu, namun harus ditingkatkan lagi karena ini menjadi salah satu unsur penilaian kinerja satker.

SAVE 20200706 1513101

Seterusnya giliran Ketua PA Tulang Bawang YM H. Soleh, Lc., M.A. menyampaikan evaluasinya, Beliau mengutip sebuah ayat اعْمَلُوا آلَ دَاوُودَ شُكْرًا dari surat Saba’ ayat 13 yang artinya “Bekerjalah kalian wahai keluarga Daud sebagai bentuk syukur”. Sebuah pesan agar kita Pegawai yang telah diberi bermacam nikmat oleh Allah termasuk nikmat profesi dalam mencari nafkah, agar meningkatkan kinerja dan benar-benar bekerja sebagai bentuk syukur kita kepada Allah. Beliau turut memaparkan hasil Pembinaan Kepegawaian PTA Bandar Lampung, salah satunya tentang Pengawasan Melekat yang menuntut Atasan untuk selalu memonitor bawahan serta melakukan pembinaan terhadap bawahan. Kemudian Bapak Ketua juga mewanti-wanti agar setiap pegawai berhati-hati di era digital, dengan adanya sistem pengaduan online masyarakat bebas mengadukan setiap keluhan. Maka Pelayanan kepada masyarakat harus benar-benar diperhatikan dan dioptimalkan. Selanjutnya Bapak Ketua mengevaluasi inovasi yang ada apakah berjalan dengan lancar sesuai dengan yang dilaporkan di PMPZI. Kemudian dalam memasuki era new normal, kegiatan Sidang di luar gedung atau sidang keliling direncanakan akan dilaksanakan kembali. Dalam hal ini Ketua sudah berkoordinasi dengan Bupati dan Dinas terkait perihal kegiatan yang memobilisasi massa di masa pandemi. Sesuai dengan Intruksi Bupati agar Setiap Satker tetap menerapkan protokol physical distancing, maka kegiatan Sidang Keliling dapat diwujudkan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kemudian Kasubbag Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana, Ravika, S.H. dalam rapat turut menambahkan beberapa hasil Pembinaan Kepegawaian dari PTA Bandar Lampung yaitu perihal absen, apel, cuti, tugas pokok dan fungsi PPNPN, serta pelanggaran jika ada yang terjadi. Dalam poin terakhir jika di satker ada pelanggaran yang ditemukan maka harus segera diproses. Yang pada intinya Bagian Kepegawaian sangat urgen diperhatikan, dari segi aturan yang dipatuhi, Kewajiban yang harus dilaksanakan, demi membangun SDM yang baik dan berkinerja baik pula.

Terakhir Bapak Wakil Ketua menambahkan perihal SKP Pegawai yang dibuat per tahun untuk dibiasakan membuatnya per bulan guna mendongkrak penilaian ZI. Dan Bapak Ketua juga menambahkan bahwa semua hal terkait ZI agar dipersiapkan semaksimal mungkin agar semua yang telah dilaporkan di PMPZI benar-benar sesuai dengan implementasi yang dilaksanakan di PA Tulang Bawang.

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

PA TULANG BAWANG

Jalan Cemara Komp. Pemda Tulang Bawang

Kabupaten Tulang Bawang,  Menggala.

Telp :  +62 726 21832

Faks:  +62 726 21832

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tautan Aplikasi

Comodo Secure Wildcard SSL