Ditulis oleh Irwan Hidayat, S.H.I. on . Dilihat: 16

Pembinaan & Pengawasan PTA Bandar Lampung dan Launching Inovasi PA Tulang Bawang

 SAVE 20200729 0954011

Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung melaksanakan Pembinaan & Pengawasan kepada Pengadilan Agama Tulang Bawang pada hari Senin-Selasa tanggal 27 & 28 Juli 2020. Dipimpin oleh Ibu Wakil Ketua PTA Bandar Lampung YM Dr. Hj. Rokhanah, S.H., M.H. beserta rombongan yang terdiri dari Plt. Sekretaris PTA Bandar Lampung Ujang Solihin, S.Ag., M.H., M.M., Hakim Tinggi PTA Bandar Lampung YM Dr. Hj. A. Muliany Hasyim, S.H., M.H., M.Si., Panitera Muda Banding Drs. Erwin Romel, M.H., Kasubbag Tata Usaha dan Rumah Tangga M. Agus Wibowo, S.H., M.H., Kasubbag Kepegawaian dan Teknologi Informasi Hardini Tawangsari, S.Si., M.H., Analis Kepegawaian Muda Destia Fauzi Sodri, S.E., M.M., PPNPN Andi Surya Kurniawan dan Raju Hafidz Azhimi.

 SAVE 20200729 0954171

Pembinaan dan Pengawasan dimulai dari Senin pagi dan diakhiri Selasa siang dengan Ekspose hasil pembinaan dan pengawasan tersebut. Setelah istirahat siang pada pukul 13.00 WIB Ekspose dilaksanakan di Ruang Sidang Utama dengan dihadiri Semua Pegawai. Acara dibuka oleh Ketua PA Tulang Bawang YM H. Soleh, Lc., M.A. dengan menyampaikan terima kasih yang tak terhingga atas pembinaan dan pengawasan yang telah dilakukan, serta meminta maaf jika pelayanan selama di PA Tulang Bawang kurang maksimal. Bapak Ketua juga menyampaikan bahwa “kekurangan terkadang baru kelihatan jika dinilai oleh pihak lain, tidak dari diri sendiri”. Selanjutnya Bapak Ketua mempersilahkan Ibu Wakil PTA Bandar Lampung beserta Tim menyampaikan hasil Pembinaan dan Pengawasan.

 SAVE 20200729 0954251

Hakim Tinggi PTA Bandar Lampung YM Dr. Hj. A. Muliany Hasyim, S.H., M.H., M.Si. sebagai Ketua Tim memulai penyampaian hasil pembinaan dan pengawasan dan langsung mempersilahkan kepada anggotanya untuk menyampaikan hasil per bagian yang diawasi. Bapak Panitera Muda Banding Drs. Erwin Romel, M.H. mulai menyampaikan hasil pembinaan dan pengawasan di Bagian Kepaniteraan, dimulai dengan Administrasi Perkara dari segi proses dan alurnya, SK-SK Petugas di Kepaniteraan, Register Perkara, Jurnal Keuangan, sampai Arsip Perkara dan Penataannya. Beliau menyampaikan prosedur yang benar dan memberikan contoh yang benar pula dalam hal Administrasi Perkara.

SAVE 20200729 0954421

Kemudian Kasubbag Kepegawaian dan Teknologi Informasi Hardini Tawangsari, S.Si., M.H. dalam pelaksanaan administrasi perkara menyampaikan dari segi SOP Pelayanan, kelengkapan sarana prasarana di ruang pelayanan, Posbakum dan Evaluasinya. Dan di bidang Kesekretariatan beliau menyampaikan perihal SKP (sasaran kinerja pegawai), cuti, pelaksanaan kerja secara WFH (work from home), LHKPN (laporan harta kekayaan pejabat Negara), ABK (analisa beban kerja), Website, Kampanye ZI (zona integritas) di Website, SKM (survey kepuasan masyarakat), Visi Misi. Sedangkan bagian Umum dan Keuangan hanya melihat tindak lanjut dari hasil Audit sebelumya yang tidak lama baru berlangsung dikarenakan Kuasa Pengguna Anggaran/Sekretaris PA Tulang Bawang yang akan mutasi.

Selanjutnya YM Dr. Hj. A. Muliany Hasyim, S.H., M.H., M.Si. sebagai Ketua Tim menambahkan perihal Teknis Yustisial. Beliau menyampaikan bahwa mahkota seorang Hakim adalah Putusan, untuk membuat sebuah putusan yang baik dan benar harus bermula dari Berita Acara Sidang yang baik dan benar pula. Oleh karena itu antara BAS dan Putusan harus sinkron dan berkesinambungan, jangan sampai terlihat bertentangan. Harus ada koordinasi dan sinergi antara Majelis Hakim dan Panitera Pengganti. Beliau juga menyoroti sampai kepada hal terkecil dalam BAS dan Putusan seperti masalah renvoi, Fotocopy alat bukti, dsb. Hal-hal kecil yang bisa berdampak besar terhadap putusan harus diperhatikan. Beliau mengapresiasi Hakim Pengawas Bidang PA Tulang Bawang yang selalu melakukan Pembinaan dan Pengawasan Internal terhadap bidang yang diamanahkan di Satker PA Tulang Bawang. Namun perlu ditambahkan dalam Laporan Pengawasan tersebut Laporan Tindak Lanjut untuk dikirim ke PTA Bandar Lampung. Kemudian beliau juga mengingatkan perlunya dokumentasi rapat berjenjang dalam tiap sub bagian, yang bisa saja sering dilakukan namun tidak terdokumentasikan dengan baik. Serta beliau menggarisbawahi bahwa Pembinaan dan Pengawasan yang dilakukan oleh PTA Bandar Lampung sebagai orangtua dari PA-PA sewilayah Provinsi Lampung, bukanlah untuk mencari kesalahan akan tetapi untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja.

SAVE 20200729 0954331

Terakhir Ibu Wakil Ketua PTA Bandar Lampung menyampaikan bahwa dalam bekerja kita harus menunjukkan keprofesionalan kita, dalam membangun Zona Integritas terutama yang menjadi tujuan bukanlah materi, agar kerja kita bernilai ibadah. Kita iringi dengan ikhtiar yang baik dan do’a serta kita tinggalkan Paradigma berfikir lama “dulu kita kerjakan seperti ini tidak apa-apa”. Kita harus membuktikan bahwa paradigma berfikir kita sudah berubah dengan meningkatkan kinerja. Selanjutnya Ibu Wakil Ketua PTA Bandar Lampung menyerahkan Laporan Hasil Pembinaan dan Pengawasan kepada Ketua PA Tulang Bawang.

 SAVE 20200729 0954101

Setelah acara ekspose selesai, dilanjutkan dengan acara Launching 5 Inovasi PA Tulang Bawang dan launching taman herbal dan taman bermain anak. Adapun 5 inovasi tersebut adalah :

  1. E-SKM (elektronik survey kepuasan masyarakat), survey kepuasan yang dilaksanakan secara elektronik dengan menggunakan gadget ataupun komputer, berbasis papperless.
  2. E-SKUM (elektronik surat kuasa untuk membayar), taksiran panjar biaya yang bisa di cek secara elektronik dengan menggunakan gadget ataupun computer.
  3. E-SUKMA (elektronik surat keluar masuk), aplikasi administrasi persuratan yang membuat system dan alur surat keluar masuk berbasis paperless dan disposisi berbasis aplikasi, tidak manual lagi.
  4. Kampanye Digital, kampanye digital PA Tulang Bawang via SMS My Ads tentang Pembangunan ZI dan Himbauan kepada masyarakat yang melewati radius seputar kantor PA Tulang Bawang, yang secara otomatis akan menerima sms kampanye tersebut.
  5. Teladas (telat layanan dapat kompensasi), proses pelayanan di PA Tulang Bawang yang akuntabel, dihitung langsung ketika memberikan layanan kepada masyarakat menggunakan stopwatch dan apabila layanan melebihi dari batas waktu yang ditentukan maka masyarakat berhak mendapat kompensasi berupa souvenir dari PA Tulang Bawang.

SAVE 20200729 0953511

Launching 5 Inovasi tersebut diresmikan oleh Ibu Wakil Ketua PTA Bandar Lampung, dan langsung disimulasikan penggunaannya oleh Operator PA Tulang Bawang. Setelah acara launching inovasi, Ibu Wakil Ketua PTA Bandar Lampung langsung meresmikan Taman Herbal dan Bermain Anak PA Tulang Bawang. Peresmian dilakukan dengan pemotongan pita dan pemotongan tumpeng dengan disaksikan semua pegawai PA Tulang Bawang dan rombongan PTA Bandar Lampung.

SAVE 20200729 0953431

SAVE 20200729 0953341

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

PA TULANG BAWANG

Jalan Cemara Komp. Pemda Tulang Bawang

Kabupaten Tulang Bawang,  Menggala.

Telp :  +62 726 21832

Faks:  +62 726 21832

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tautan Aplikasi

Comodo Secure Wildcard SSL