Ditulis oleh Irwan Hidayat, S.H.I. on . Dilihat: 86

Bimtek Online Penyusunan RKA-K/L TA 2021

bimtek1

Selasa 18 Agustus 2020 bertempat di Ruang Media Center PA Tulang Bawang, Sekretaris dan Kasubbag Perencanaan, TI, dan Pelaporan PA Tulang Bawang mengikuti Bimbingan Teknis Penyusunan RKA-K/L TA 2021 sesuai dengan surat PTA Bandar Lampung nomor : W8-A/1214/OT.01.1/8/2020 tanggal 3 Agustus 2020 perihal Bimbingan Teknis Petunjuk Penyusunan RKA-K/L DIPA 01 dan DIPA 04 TA 2021. Bimbingan Teknis dilaksanakan secara teleconference melalui aplikasi zoom dengan Pemateri dari Biro Perencanaan dan Organisasi Mahkamah Agung RI. Bimtek pada kesempatan ini dibagi menjadi 2 kelompok dan 2 zoom meeting, dimana kelompok pertama terdiri dari satker sewilayah PT Medan dan PTA Medan, dan kelompok kedua terdiri dari satker sewilayah PT Tanjung Karang dan PTA Bandar Lampung.

bimtek2

PA Tulang Bawang masuk pada kelompok kedua, dimana acara dimulai pada pukul 09.10 WIB. Acara dipandu oleh host Ida Pane dari Biro Perencanaan dan Organisasi Mahkamah Agung RI. Acara dibuka oleh Bapak Kepala Bagian Perencanaan dan Program MA RI Arifin Syamsurizal, dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa hal terkait penyusunan kebutuhan anggaran dalam RKA-K/L TA 2021. Dalam menyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran khususnya untuk kebutuhan pemeliharaan kantor, kendaraan, dan fasilitas lainnya, beliau menyampaikan bahwa semua asset harus terinput di aplikasi SIMAK BMN dan SIMAN baik asset kantor, pinjam pakai, ataupun pinjam sewa, agar bisa dialokasikan biaya pemeliharaannya bagi asset yang sudah terinput dan terdata tersebut. Kemudian beliau juga menyarankan kepada semua peserta agar mengikuti bimtek sampai selesai supaya tahu teknis penyusunan RKA-K/L yang benar dan sesuai aturan, dan dari penyusunan sebelumnya yang telah dilakukan bisa tahu apa yang mesti dirubah atau ditambahkan.

bimtek3

Selanjutnya pemateri dari Bagian Bimbingan dan Monitoring Biro Perencanaan dan Organisasi Mahkamah Agung RI Bapak Syaiful Arief. Beliau menjelaskan perihal Dasar Hukum Penyusunan RKA-K/L TA 2021, Redesain Sistem Penganggaran berdasarkan surat bersama Bappenas dan Kemenkeu RI. Beliau menjelaskan prinsip-prinsip Redesain Sistem Penganggaran, Struktur Rencana Kerja Anggaran Pengadilan, hal-hal pokok yang harus diperhatikan, Program Kegiatan, Klasifikasi Rincian Output dan Rincian Output, Pemakaian Akun dan Kode Belanja yang tepat, kategori Belanja Operasional dan Non Operasional, rincian dan detail belanja, Estimasi Penerimaan/PNBP, serta perlunya Koordinasi Tingkat Banding dan Tingkat Pertama dalam penyusunan anggaran.

bimtek4

Kemudian giliran Yovi Silvani dari Biro Perencanaan dan Organisasi Mahkamah Agung RI. Beliau mensimulasikan Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran memakai aplikasi SAKTI, dan menunjukkan tata cara penginputan yang benar, pemilihan program dan kegiatan, RO dan KRO, jumlah layanan, sifat biaya, dan semua teknis yang benar serta sesuai aturan dalam Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran memakai aplikasi SAKTI.

Terakhir pemaparan dari Tim Pendamping Mila Karmila, beliau memaparkan beberapa catatan dari penyusunan RKA-K/L yang telah disusun oleh satker sewilayah PT Tanjung Karang dan PTA Bandar Lampung. Dari hasil penelaahan tim, ditemukan beberapa catatan yang perlu dikoreksi oleh masing-masing satker. Dalam hal ini tim pendamping menjelaskan hal-hal yang perlu dikoreksi, dan selanjutnya dibuka sesi tanya jawab agar peserta bimtek dapat menyampaikan Kendala yang ditemui dalam penyusunan RKA-K/L dan menemukan solusinya. Dalam sesi tanya jawab beberapa satker menyampaikan Kendala yang ditemui dan Pemateri memberikan arahan serta solusi agar penyusunan RKA-K/L TA 2021 dapat dilakukan dengan benar sesuai aturan dan dasar hukum yang ada. Acara selesai pada pukul 12.00 WIB dan ditutup oleh perwakilan dari PT Tanjung Karang.   

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

PA TULANG BAWANG

Jalan Cemara Komp. Pemda Tulang Bawang

Kabupaten Tulang Bawang,  Menggala.

Telp :  +62 726 21832

Faks:  +62 726 21832

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tautan Aplikasi

Comodo Secure Wildcard SSL