Ditulis oleh Irwan Hidayat, S.H.I. on . Dilihat: 101

Seminar Nasional Ekonomi Syariah Secara Virtual

webinar1

Rabu 26 Agustus 2020 Pengadilan Agama Tulang Bawang mengikuti Seminar Nasional Ekonomi Syariah Secara Virtual (Webinar) yang diprakarsai oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama MA RI atas kerjasama dengan Pengadilan Tinggi Agama Jakarta dan Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia. Hal ini sesuai dengan Surat Dirjen Badilag Nomor : 2971/Dja/HM.00/8/2020 tanggal 14 Agustus 2020 perihal Undangan Seminar Nasional Ekonomi Syariah Secara Virtual (Webinar). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Mahkamah Agung RI yang ke-75 dengan tema “Penguatan dan Penegakan Hukum Ekonomi Syariah Yang Berkeadilan di Indonesia”. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dan diikuti oleh Hakim Agung Kamar Agama MA RI, Hakim Peradilan Agama Tingkat Banding dan Tingkat Pertama, Komite Nasional Ekonomi Syariah, Akademisi Fakultas Hukum dan Syariah, Ditjen Kekayaan Negara Kemenkeu, Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia, Perwakilan Perbankan Syariah, Otoritas Jasa Keuangan, Perwakilan Bank Indonesia, Perwakilan Pasar Modal Syariah, Perwakilan Masyarakat Ekonomi Syariah, Perwakilan POSDHESI, Perwakilan Himpunan Ilmuan Sarjana Syariah, Perwakilan Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia, Asosiasi Bisnis Syariah Indonesia, dan Masyarakat Anti Riba.

webinar2

Dari Pengadilan Agama Tulang Bawang diikuti oleh Ketua YM H. Soleh, Lc., M.A., Waka YM Nur Said, S.H.I., M.Ag., Hakim YM Nur Halimah, S.H.I., Hakim YM Maulina Nuril Izzati, S.Sy., Panitera Sunlina Baiti, S.H., dan Sekretaris Muhtaria, S.H. Seminar Virtual ini dilaksanakan dengan aplikasi zoom meeting dan juga secara live streaming melalui channel youtube Badilag MA RI. Adapun Maksud seminar ini dilaksanakan adalah untuk :

  1. Meningkatkan kapasitas para hakim peradilan agama dalam mengadili sengketa ekonomi syariah di pengadilan.
  2. Menyamakan persepsi para pelaku bisnis syariah atas penerapan hukum ekonomi syariah.
  3. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan para pemangku kepentingan dalam pelaksanaan ekonomi syariah di Indonesia.
  4. Memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga peradilan agama dalam menyelesaikan sengketa ekonomi syariah.

Sedangkan tujuannya adalah untuk memperkuat system ekonomi syariah dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan perekonomian di Indonesia.

webinar 3

webinar 4

Acara seminar dimulai dengan masuknya Ketua Mahkamah Agung RI dan Wakil Presiden RI ke ruangan meeting, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Hymne Mahkamah Agung RI. Kemudian Laporan Dirjen Badilag Bapak Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. selaku Ketua Panitia. Selanjutnya Penandatanganan MoU antara MA RI dengan DSN-MUI yang ditandatangani oleh Dirjen Badilag Bapak Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. dan Sekretaris Dewan Syariah Nasional Dr. KH. Anwar Abbas, M.M., M.Ag. disaksikan oleh Wakil Presiden RI dan Ketua MA RI. Lalu masuk kepada acara inti yaitu seminar, Pembukaan dan Pemateri pertama/Opening Speech oleh Bapak Wakil Presiden sekaligus sebagai Ketua Dewan Syariah Nasional MUI Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin yang menyampaikan materi dengan tema “Peran Strategis Ekonomi Syariah di Indonesia dalam Sistem Ekonomi Nasional Indonesia”. Setelahnya Keynote Speech oleh Ketua Mahkamah Agung RI YM Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H. menyampaikan materi tentang “Peranan Mahkamah Agung dalam Mendukung Kemudahan Berusaha di Bidang Ekonomi Syariah di Indonesia”.

webinar 5

Kemudian acara dilanjutkan dengan paparan makalah dan diskusi dengan pemateri :

  1. Ketua Mahkamah Agung RI periode 2012-2020 Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, S.H., M.H. (Prospektif Pembaharuan Hukum Acara Peradilan Agama di Bidang Kepailitan Syariah)
  2. Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI YM. Dr. Amran Suadi, S.H., M.H., M.M. (Problematika Eksekusi Putusan Ekonomi Syariah untuk penguatan kebijakan lembaga keuangan)
  3. Direktur Jenderal Badilag MA RI Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. (Kepailitan Syariah dan Pengembangan Kapasitas Hakim Peradilan Agama dalam Sengketa Ekonomi Syariah)
  4. Wakil Ketua Badan Pelaksana Harian DSN MUI Prof. Dr. Jaih Mubarok, S.E., M.H., M.Ag. (Dinamika Fatwa DSN sebagai Sumber Hukum Regulasi di bidang Ekonomi Syariah dan Penyelesaian sengketanya)
  5. Deputi Direktur Grup Riset Sektor Jasa Keuangan OJK RI Dr. H. Setiawan Budi Utomo, Lc., M.M. (Grand Design Regulasi Ekonomi Syariah di Indonesia)

Acara Pemaparan Makalah dibarengi dengan diskusi dan selesai pada pukul 13.00 WIB. Acara ditutup oleh Dirjen Badilag MA RI Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H.

webinar 6

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

PA TULANG BAWANG

Jalan Cemara Komp. Pemda Tulang Bawang

Kabupaten Tulang Bawang,  Menggala.

Telp :  +62 726 21832

Faks:  +62 726 21832

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tautan Aplikasi

Comodo Secure Wildcard SSL