Ditulis oleh Irwan Hidayat, S.H.I. on . Dilihat: 38

Meraih Kemuliaan Dengan Mencontoh Kehidupan Rasulullah SAW

Kamis 19 Nopember 2020 Pengadilan Agama Tulang Bawang memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di Mushalla Al-Mahkamah PA Tulang Bawang. Acara dimulai ba’da zhuhur dengan Penceramah Ketua MUI Kabupaten Tulang Bawang Ustadz H. Yantori. Segenap Keluarga Besar PA Tulang Bawang mengikuti acara ini beserta Ibu-ibu Dharmmayukti Karini PA Tulang Bawang. Acara dimulai pada pukul 13.00 WIB didahului dengan makan siang bersama. Sebagai Pembuka Ketua PA Tulang Bawang YM H. Soleh, Lc., M.A. menyampaikan sambutan dan mengapresiasi acara Maulid Nabi yang tetap bisa dilaksanakan di tengah-tengah kesibukan PA Tulang Bawang dalam menghadapi Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu dan Desk Evaluasi Zona Integritas oleh Tim Penilai Nasional Kemenpan-RB.

maulid1

Sebagai Pembuka acara, lantunan ayat suci alquran dibacakan oleh PPNPN PA Tulang Bawang Bambang Kurniawan. Kemudian pembacaan shalawat nabi turut dilantunkan oleh Teman-teman PPNPN Agung Darmawan, S.Sy., Deni Sandra, S.E., dan Yantoni diiringi dengan tabuhan rebana. Suasana cinta kepada Nabi Muhammad sangat terasa dengan bersama-sama melantunkan shalawat yang dipimpin oleh grup rebana PPNPN PA Tulang Bawang. Selanjutnya masuk kepada acara inti ceramah agama dalam rangka memperingati maulid nabi besar Muhammad SAW dengan tema “Meraih Kemuliaan Dengan Mencontoh Kehidupan Rasulullah SAW”.

Ustadz H. Yantori dalam ceramahnya menyampaikan bahwa untuk meneladani kehidupan Rasulullah tentulah kita harus mengenal Rasul terlebih dahulu. Beliau menyampaikan sebuah riwayat dari Sayyidah Aisyah R.A bahwa suatu ketika Sayyidah Aisyah berkata kepada para sahabat di masa kekhalifahan Sayyidina Ali R.A. “kalian telah membunuh Rasulullah” sehingga para sahabat terheran, karena di masa itu Baginda Nabi memang telah berpulang ke hadirat Allah. Kemudian dijelaskan oleh Sayyidah Aisyah bahwa para sahabat diumpamakan membunuh Rasul karena banyak sahabat yang tidak lagi melaksanakan ajaran islam dan pola kehidupan sesuai ajaran Rasul. Salah satu keteladanan yang diajarkan Nabi adalah selalu mengutamakan urusan ukhrawi, tidak menjadikan urusan duniawi sebagai tujuan utama. Sesuai QS. Ad-Dhuha ayat 4 yang berbunyi :

وَلَلْءَاخِرَةُ خَيْرٌلَّكَ مِنَ ٱلْأُولَىٰ

“Dan sesungguhnya hari kemudian itu lebih baik bagimu daripada yang sekarang (permulaan)”.

maulid2

Kepada sahabat Abu Bakar As-Shiddiq R.A. Rasul mengatakan bahwa apa yang dilakukannya dalam kehidupan di dunia hanya berdasarkan kecintaan kepada Allah SWT semata. Sebagai contoh ketika Nabi menolong menuntun seorang tua yang buta setiap harinya padahal orang tua tersebut selalu mencaci maki Rasul ketika ia dituntun Rasul. Orang tua itu tidak tahu bahwa yang menuntunnya adalah Baginda Nabi, namun Baginda Nabi tidak pernah marah dan bahkan tidak pernah berhenti menolong orang tua itu. Sampai suatu ketika Nabi telah wafat dan Abu Bakar R.A. meneruskan menuntun orang tua tersebut. Sang orang tua sadar bahwa orang yang menolongnya bukanlah orang yang biasa menolong sebelumnya, sehingga dia menceritakan kelembutan dan kebaikan orang yang menolongnya sebelumnya. Lalu Abu Bakar pun memberitahu bahwa sesungguhnya orang yang menolongnya dahulu adalah Baginda Nabi Besar Muhammad SAW yang selalu dicaci makinya ketika Nabi menolong tanpa tahu bahwa yang menolong adalah Baginda Nabi sendiri. Sang Orangtua terkejut dan terharu, dan seketika langsung mengucapkan dua kalimah syahadat untuk masuk islam.

maulid3

Begitulah akhlak mulia Baginda Nabi yang dicontohkan kepada kita ummatnya, semua kebaikan dilakukan Beliau semata-mata mengharapkan keridhaan Allah. Dan bagi kita ummatnya untuk mendapat keridhaan Allah haruslah dengan meneladani Baginda Nabi. Kemudian terhadap para istri beliau juga menjadi sosok suami teladan, begitupula dalam birokrasi menjadi sosok pemimpin teladan, ketika berdagang menjadi pengusaha teladan, dalam semua segi kehidupan menjadi teladan bagi kita ummatnya. Dimana dalam menjalani kehidupan yang menjadi tujuan hanyalah mencari keridhaan Allah semata. Sebagaimana riwayat doa ulama salaf :

اِلَهِى اَنْتَ مَقْصُوْدِيْ وَرِضَاكَ مَطْلُوْبِيْ
“Wahai Tuhanku,Engkaulah tujuanku dan Ridhamu yang kucari”

Rasulullah sebagai rahmatan lil alamin, patutlah kita teladani agar akhlak mulianya dapat pula kita terapkan dalam kehidupan di dunia ini.

 

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

PA TULANG BAWANG

Jalan Cemara Komp. Pemda Tulang Bawang

Kabupaten Tulang Bawang,  Menggala.

Telp :  +62 726 21832

Faks:  +62 726 21832

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Tautan Aplikasi

Comodo Secure Wildcard SSL