Ditulis oleh Irwan Hidayat, S.H.I. on . Dilihat: 49

Rapat Dengar Pendapat Komisi III DPR RI

kunker1kunker3

Rabu 17 Februari 2021 PA Tulang Bawang mengikuti Rapat Dengar Pendapat Komisi III DPR RI secara virtual melalui teleconference zoom meeting. Agenda ini sesuai dengan jadwal kunjungan kerja reses Komisi III DPR RI ke Provinsi Lampung masa persidangan III tahun sidang 2020-2021 (Bidang Hukum, HAM, dan Keamanan). Bertempat di Aula Kejaksaan Tinggi Lampung, Rapat Dengar Pendapat secara virtual ini dimulai pada pukul 13.30 WIB dengan diikuti oleh Anggota Komisi III DPR RI, Kejaksaan Tinggi Lampung dan seluruh Kejaksaan Negeri di Provinsi Lampung, Pengadilan Tinggi Tanjung Karang dan seluruh Pengadilan Negeri di Provinsi Lampung, serta Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung dan seluruh Pengadilan Agama di Provinsi Lampung. Dari Ruang Media Center PA Tulang Bawang diikuti oleh Ketua YM H. Soleh, Lc., M.A., Panitera Sunlina Baiti, S.H., Sekretaris Muhtaria, S.H., dan Kasubbag PTIP Irwan Hidayat, S.H.I.

kunker2

Acara dengar pendapat dilaksanakan secara bergantian dengan didahului pengantar dan kata sambutan dari Anggota Komisi III DPR RI. Kesempatan pertama disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung Dr. Heffinur, S.H., M.Hum., kemudian Ketua Pengadilan Tinggi Tanjung Karang YM H. Charis Mardianto, S.H., M.H., dan selanjutnya Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung YM Drs. H. Ibrahim Kardi, S.H., M.Hum. serta Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Bandar Lampung YM Tedi Romyadi, S.H., M.H. Masing-masing Pimpinan menyampaikan kinerja organisasi yang dipimpin, hambatan dan kendala yang dihadapi terutama terkait tugas dan fungsi dalam penanganan perkara. Statistik Kinerja Penanganan Perkara disampaikan masing-masing pimpinan berikut alokasi anggaran yang diterima. Serta kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan demi menunjang kinerja core business masing-masing. Terutama di masa pandemi, beberapa program tidak berjalan maksimal dan beradaptasi menjadi proses penanganan perkara secara elektronik melalui e-Court dan e-Litigation.

kunker5

Setelah Pimpinan Kejaksaan Tinggi, Pengadilan Tinggi, Pengadilan Tinggi Agama, dan Pengadilan Tata Usaha Negara memaparkan capaian dan kendala masing-masing terutama berkaitan dengan anggaran, Anggota Komisi III DPR RI diwakili H. Arsul Sani, S.H., M.Si. menanggapi pemaparan masing-masing Pimpinan dan secara umum mengapresiasi capaian-capaian terkait tugas masing-masing penegak hukum. Urgensi Rapat Dengar Pendapat ini berkaitan dengan Fungsi DPR RI khususnya Komisi III terkait dengan Fungsi Legislasi yaitu merumuskan Undang-undang yang menjadi dasar hukum bagi Jaksa dan Hakim dalam menangani dan menyelesaikan perkara. Begitupula pada fungsi anggaran dimana anggaran Instansi Vertikal seperti Mahkamah Agung dan Kejaksaan Agung, persetujuan alokasi anggaran terletak pada DPR RI. Dan terakhir terkait dengan fungsi pengawasan, terhadap pelaksanaan Undang-undang, APBN, dan Kebijakan Pemerintah. Secara bergantian pula Anggota Komisi III DPR RI dari berbagai fraksi menanggapi berbagai permasalahan yang disampaikan Pimpinan Kejati, PT, PTA, dan PTUN.

Semoga dengan adanya rapat dengar pendapat dalam agenda reses komisi III ini, Penegakan Hukum di wilayah Lampung dapat lebih baik lagi khususnya bagi Instansi Kejaksaan dan Pengadilan.

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

PA TULANG BAWANG

Jalan Cemara Komp. Pemda Tulang Bawang

Kabupaten Tulang Bawang,  Menggala.

Telp :  +62 726 21832

Faks:  +62 726 21832

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

istagram pa_tulangbawang

Facebook logoPengadilan Agama tulang Bawang

wa 085378910500

twiter@Agamabawang

youtube Pengadilan Agama Tulang Bawang

Tautan Aplikasi

Comodo Secure Wildcard SSL