PA Tulang Bawang Mengadakan Pelatihan Pelayanan Prima
Senin 5 April 2021 PA Tulang Bawang Mengadakan Pelatihan Pelayanan Prima dengan mengundang Narasumber dari Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulang Bawang. Acara berlangsung dari pukul 09.30 – 12.00 WIB dihadiri oleh Pimpinan dan Pegawai PA Tulang Bawang. Narasumber dari BSI terdiri dari Branch Manager BSI KCP Tulang Bawang Bapak Wijanarko, Operation & Service Manager Ibu Rina Yuliana, dan Retail Banking Relationship Manager Bapak Nur Adli.
Bapak Ketua PA Tulang Bawang YM H. Soleh, Lc., M.A. membuka acara secara resmi dan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Pihak BSI Tulang Bawang yang bersedia meluangkan waktu untuk mengisi acara pelatihan ini. Pelatihan Pelayanan ini dilakukan secara kontinyu dari tahun sebelumnya guna meningkatkan kualitas pelayanan di PA Tulang Bawang. Terlebih dalam mewujudkan Zona Integritas menuju WBBM di tahun 2021 ini, PA Tulang Bawang merupaya terus meningkatkan kualitas pelayanannya dalam hal Bisnis Utama Lembaga Peradilan.
Pelatihan Pelayanan difokuskan untuk PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) PA Tulang Bawang, yang bersentuhan langsung dengan Customer yaitu Masyarakat Para Pihak Pencari Keadilan. Dalam mewujudkan pelayanan prima, yang pertama harus dipelajari yaitu cara mengetahui karakteristik pelanggan. Dimana dengan mengetahui typikal pelanggan yang kita layani maka kita bisa menentukan pola pelayanan terbaik sesuai karakteristik.
Kemudian Narasumber memaparkan fenomena pelayanan saat ini, gejala-gejala yang ada, dan berangkat dari hal tersebut dibahas kiat-kiat sukses dalam memberikan pelayanan. Indikator suksesnya sebuah pelayanan beserta outcome nya menjadi tolak ukur dalam mewujudkan pelayanan prima. Selanjutnya karakteristik Layanan Yang Bermutu dijelaskan oleh Narasumber agar Peserta Pelatihan memahami bagaimana mewujudkannya.
Nilai-nilai dan Prinsip pelayanan harus diwujudkan, dibarengi dengan performance petugas yang ramah dan good looking. Yang memiliki kapabilitas dan kredibilitas tinggi untuk melayani. Dari hal terkecil dalam attitude dan penampilan, pakaian, pola komunikasi, diperhatikan dengan seksama dan sedemikian rupa guna membentuk Petugas Pelayanan yang professional.
Setelah materi disampaikan oleh Narasumber, langsung dipraktekkan pola pelayanan prima oleh Pegawai PA Tulang Bawang secara role play. Dengan diperhatikan dan dikoreksi langsung oleh Narasumber. Rangkaian kegiatan pelatihan ini sangat diharapkan dapat meningkatkan kapasitas petugas pelayanan PA Tulang Bawang. Sehingga WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) dapat terwujud dengan peningkatan pelayanan ini.