Ditulis oleh Irwan Hidayat, S.H.I. on . Dilihat: 81

Audit Panitera (Karena Promosi Mutasi) & Pembinaan Hatibinwasda PTA Bandar Lampung

IMG 20210609 090132

Selasa 8 Juni 2021, PA Tulang Bawang menyambut Tim Auditor Hatibinwasda (Hakim Tinggi Pembina & Pengawas Daerah) dari PTA Bandar Lampung sehubungan dengan Audit Panitera PA Tulang Bawang Sunlina Baiti S.H. sebelum mutasi menjadi Panitera PA Tulang Bawang Tengah. Audit terhadap Pejabat Pengadilan yang mutasi menjadi suatu kewajiban sebelum yang bersangkutan menjabat di satuan kerja baru.

Tim Auditor PTA Bandar Lampung terdiri dari YM Drs. H. Ahmad Choiran, M.H., YM Drs. H. Sahrudin, S.H., M.H.I., dan Staff Jatra Arya Perdhana. Audit dimulai dari pagi hari pukul 08.15 WIB dan selesai pada pukul 11.00 WIB. Alhamdulillah proses audit berjalan lancar tanpa adanya halangan maupun temuan. Setelah proses audit selesai dilanjutkan dengan pembinaan oleh Hatibinwasda di Ruang Sidang Utama PA Tulang Bawang. Diikuti oleh semua pegawai PA Tulang Bawang, Hatibinwasda menyampaikan pembinaan terkait teknis yustisial.

IMG 20210609 090045

Diawali oleh YM Drs. H. Sahrudin, S.H., M.H.I. yang menyampaikan perkembangan proses peradilan elektronik. Dengan transformasi peradilan menjadi elektronik, diharapkan semua Aparatur Peradilan memperhatikan aturan/regulasi baru terkait teknis yustisial peradilan berbasis elektronik ini. Dalam hal administrasi perkara elektronik atau e-Court, alamat para pihak yang tercantum dalam berkas perkara juga elektronik/email. Kemudian beliau menyampaikan prosedur panjar biaya sita & pengangkatan sita, dan prosedur permohonan berkas banding. Dimana beberapa hal yang disampaikan ini tergolong hal-hal yang sering ditemui oleh Hatibinwasda pada satuan kerja Pengadilan.

IMG 20210609 085828

Dilanjutkan oleh YM Drs. H. Ahmad Choiran, M.H. yang turut menyampaikan perihal teknis yustial peradilan elektronik. Seperti halnya Berita Acara Sidang perkara e-Court yang berbeda dengan Berita Acara Sidang perkara biasa. Begitu pula dengan Putusannya, narasi pada kaki putusan berbeda dengan putusan perkara biasa. Pada administrasi perkara disampaikan pula bahwa Identitas Para Pihak dan Kuasa Hukum harus lengkap (untuk perkara yang memakai kuasa hukum). Kemudian disampaikan pula prosedur pemanggilan para pihak berperkara sesuai Perma No. 1 Tahun 2017, dan Prosedur Mediasi sesuai KMA 108 Tahun 2016.

Acara berakhir pada pukul 12.00 WIB dilanjutkan dengan penyerahan hasil audit oleh Ketua Tim Auditor Hatibinwasda kepada Ketua PA Tulang Bawang dan sesi foto bersama.

Add comment

Security code
Refresh

Hubungi Kami

PA TULANG BAWANG

Jalan Cemara Komp. Pemda Tulang Bawang

Kabupaten Tulang Bawang,  Menggala.

Telp :  +62 726 21832

Faks:  +62 726 21832

Email :   Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

istagram pa_tulangbawang

Facebook logoPengadilan Agama tulang Bawang

wa 085378910500

twiter@Agamabawang

youtube Pengadilan Agama Tulang Bawang

Tautan Aplikasi

Comodo Secure Wildcard SSL